Guru Taruna Bakti menuju Een Sukaesih Award 2019

Silahkan dibaca terlebih dahulu. Untuk memberikan dukungan mohon mengisi Formulir Testimoni berikut ini  Testimoni Untuk Bambang Purwanto – ESA2019 (PDF)Testimoni Untuk Bambang Purwanto – ESA2019 (Word). Daftar Pemberi Testimoni Lampiran-2.

esa

PENGANTAR

Berbekal dukungan dan semangat dari Pengawas Sekolah dan Kepala SMP Taruna Bakti, mohon doa restu dan dukungan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari insya allah saya mendapatkan amanah untuk mengikuti Penganugerahan Guru Inspiratif Jawa Barat Een Sukaesih Award 2019 untuk katagori Guru SMP. Penganugerahan ini diselengkarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Inilah Koran.

Mohon kiranya atas dasar sukarela, saya memohon untuk bisa mendapatkan dukungan dalam bentuk testimoni yang menjadi persyaratan oleh panitia. Besar harapan testimoni yang diberikan bisa saya terima sebelum tanggal 19 Juli 2019. Pendaftaran ke panitia akan saya rencanakan pada tanggal 25 Juli 2019 (batas akhir tanggal 2 Agustus 2019).

Atas doa dan dukungan Bapak/Ibu/Saudara/Saudari saya mengucapkan terima kasih, semoga kebaikan semuanya menjadi berkah untuk kita semua.

Lebakwangi, 25 Mei 2019
Salam Bahagia
Bambang Purwanto
Guru SMP Taruna Bakti
0888-094-054-68

PROFIL

Guru yang akan diberikan testimoni dan dukungan adalah BAMBANG PURWANTO. Untuk mengenal lebih inilah sekilas profilnya.

Dilahirkan di Kabupaten Bandung tepatnya di Desa Banjaran Kulon pada hari Sabtu tanggal 6 April 1974 (saat ini usia 45 tahun). Lahir dari seorang ibu bernama Edeh Suryaatmaja (alm) dan bapak bernama Solih Siswoyo. Lahir tidaklah sendirian tapi ditemani seorang perempuan bernama Endang Purwanti yang lahir 15 menit lebih cepat. Adik saya ada tiga orang, Harry Rianto Akbar, Suhendro Tri Nugraha dan Puji Fabianto Wibowo.

Saat ini kami tinggal bersama isteri yang bernama Euis Mulyati dan putri semata wayang Salwa Nurkhalisah di Perumahan Lebakwangi Asri RW 13 Desa Lebakwangi Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung, tepatnya 20 KM ke arah selatan dari tempat bekerja saat ini SMP Taruna Bakti.

Saat sekolah saat itu belum mengenal TK, langsung masuk SDN Banjaran 3 pada tahun 1980. Selama enam tahun belajar di Sekolah Dasar. Saat di SD hobi yang paling di suka adalah bermain bola dan bermain catur. Masih ingat pengalaman yang seru adalah bermain. Bermain bebentengan, permainan tradisional.

SMP Negeri 1 Banjaran adalah sekolah yang dijadikan untuk mengembangkan diri dan hobi. Bermain catur masih menjadi favorite sebagai ekstrakurikuler yang diikuti. Bermain sepak bola pun kesenangan yang tak bisa dipisahkan dalam kesaharian. Bemain bola antar kelas atau antar klub kampung sering dilakoni sebagai bentuk sosilisasi berdarkan kesenangan. Banyak teman gara-bara bermain bola. Banyak mengenal teman dan tempat dari sepak bola.

Saat SMP masih ingat betul kala bapak menjadi Ketua RT di wilayah. Pekerjaan menjadi kolektor iuran warga sudah dilakukan, bertamu dari rumah ke rumah untuk menerima setoran iuran warga sudah dilakoni sejak usia SMP. Di masyarakat pun bergabung dengan Karang Taruna Sasak Dua Banjaran.

Masa SMA adalah masa pengembangan organisasi. Masuk SMAN Baleendah adalah impianku. Banyak saudara yang masuk ke sekolah ini. Awal organisasi di sekolah ini adalah menjadi KM saat kelas 1 SMA. Saat kelas 1 masuk organisasi PASKIBRA, DKM AT-TARBIYAH dan terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS (Mitramuda). Disinilah belajar organisasi saat menjadi pelajar. Puncaknya adalah saat kelas 2 terpilih menjadi Ketua OSIS SMAN Baleendah. Menghidupkan MPK yang sebelumnya belum ada, adalah salah satu karya di SMAN Baleendah yang sampai saat ini masih berjalan.

Panjang perjalan keluar SMAN Baleendah pada tahun 1992, harapan ingin melanjutkan kuliah ke UPI ternyata Allah belum memberikan kesempatan. Seusai SMA saya melanjutkan untuk Kursus Komputer di LPAK Bandung selama tiga bulan. Bulan Agustus 1992 alhmadulillah sudah bisa bekerja sebuah perusahaan Konsultan PT Hegar Daya.

Tiga tahun bekerja cukuplah modal untuk melanjutkan kuliah di AMIK Bandung dengan mengambil program D3 jurusan Manajemen Informatika. Sepulang kerja melanjutkan kuliah dilakoni selama tiga tahun. Pulang ke rumah larut malam sudah menjadi kegiatan yang rutin. Alhamdulillah tahun 1998 mendapatkan gelar A.Md.

Perjalanan dari tahun 1998 hingga sekarang diwarnai banyak kejutan dalam hidup. Profesi Pendongeng diawali tahn 2004 ternyata menjadi berkah. Pengalaman mendongeng dari tahun 2004-2008 menjadi modal untuk melamar ke sekolah ternama di kota Bandung. Alhamdullah saya di terima menjadi guru SMP Taruna Bakti dengan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada tahun 2008. Inilah karir formal menjadi guru di sekolah. Sejak tahun 2004 pun sesungguhnya kemampuan mengajar sudah diasah melalui profesi pendongeng yang saat ini masih tetap dijalankan.

SMP Taruna Bakti adalah sekolah yang luar biasa, yang bisa memberikan bimbingan dan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan berbagai kegiatan yang ada di sekolah. Tak jarang didaulat menjadi MC, Koordinator Lapangan, Ketua Pantia kegiatan, Pembina Upacara, Pembina Pramuka, Pembina Literasi, Ekskul IT, Ekskul Klub Literasi dan berbagai aktifitas yang luar biasa. Menjadi Wali Kelas pun sampai sekarang masih tetap dipercaya pihak manajemen sekolah. Biasanya sering memegang kelas 7. Apapun kegiatan dan tugas yang diberikan tidak pernah ditolak, tugas adalah kepercayaan. Tugas adalah kesempatan menunjukkan kapasitas kita akan kecintaan dan loyalitas kepada sekolah.

Saat di SMP Taruna Bakti pun saya menuntaskan S1 pada tahun 2013 dan pada tahun 2018 mengikuti PPG. Alhamdulillah PPG lulus pada bulan Januari 2019.

Lingkungan masyarakat adalah laboratorium kehidupan sesungguhnya. Berbeda segalanya tidaklah mudah untuk membentuk masyarakat yang harmonis. Bagian melibatkan diri dimasyarakat, karir dari Ketua RT, Sekeretaris RW, Pengurus DKM, Pantia KPPS, Ketua KPPS dan berbagai kegiatan di masyarakat sampai saat ini dijalani. Terpilihnya sebagai Ketua RW 13 Lebakwangi Asri sejak Februari 2018 sampai saat ini terus dijalani dengan dukungan isteri.

Hobi mendongeng dan membaca pun melahirkan sebuah Taman Bacaan yang awal didirikan pada tanggal 5 Oktober 2011, masih bergabung di rumah pribadi. Tahun 2012 kami mendapatkan kepercayaan untuk mendapatkan rumah yang masih satu blok dengan rumah sebelumnya. Rumah awal kami sepenuhnya peruntukannya untuk TBM AS Lebakwangi. Dari TBM ini sangat banyak pengalaman yang kami rasakan, prestasi mulai Juara 1 Pengelola TBM se Kabupaten Bandung tahun 2013 dan 2014. Juara 2 Pengelola TBM se Jawa Barat tahun 2013. Juara 1 Pengelola TBM se Jawa Barat tahun 2014. Peraih Sabilulungan Award 2018

Kiranya informasi diatas bisa memberikan gambaran. Inilah saya apa adanya. Semoga senantiaasa Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kemudahan dan kelancaran dari apa yang diinginkan dan semoga dikabulkan oleh Allah SWT Tuhan YME.

 

BAGAIMANA MEMBERIKAN DUKUNGAN TESTIMONI ?

Untuk memberikan dukungan testimoni :

LANGSUNG

Bisa meminta formulir lampiran 2 Form Testimoni di SMP Taruna Bakti lantai 2 Laboratorium, langsung di isi dan diserahkan saat itu juga kepada saya. Setiap hari kerja Senin – Jumat pukul 07.00-15.00 WIB.

TIDAK LANGSUNG (On Line)

  1. Klik bit.ly/bamESA2019, silahkan unduh formulir lampiran 2 Form Testimoni, silahkan klik link berikut ini > Testimoni Untuk Bambang Purwanto – ESA2019
  2. Formulir diisi lengkap, diberikan tanggal sesuai pengisian dan ditandatangani
  3. Foto formulir tersebut
  4. Kirimkan foto formulir tersebut kirimkan ke email bangpurwa@gmail.com dengan Subjek Dukungan Atas Nama (tuliskan nama anda)
  5. Formulir yang dikirim email akan dicetak sebagai lampiran yang akan disampaikan kepada Panitia.

 

TAHAPAN KEGIATAN

Bisa meminta formulir lampiran 2 Form Testimoni di SMP Taruna Bakti lantai 2 Laboratorium, langsung di isi dan diserahkan saat itu juga kepada saya. Setiap hari kerja Senin – Jumat pukul 07.00-15.00 WIB.

 

NO KEGIATAN TANGGAL
1 Sosialisasi dan Pengumpulan Testimoni 25 Mei – 19 Juli 2019
2 Penyusunan Persiapan Pendaftaran 20 – 23 Juli 2019
3 Penyerahan Dokumen ke Panitia 25 Juli 2019
4 Verifikasi Administratif 5 – 9 Agustus 2019
5 Penilaian Tahap I (Portofolio) 12 – 15 Agustus 2019
6 Penilaian Tahap II (Verifikasi Lapangan) 16 – 27 Agustus 2019
7 Penetapan Nomine 30 Agustus 2019
8 Ekspos Profil Nomine 1 September – 27 Oktober 2019
9 Penilaian Tahap II 29 – 31 Oktober 2019
10 Acara Puncak Penganugerahan ESA 25 November 2019

 

 

10 thoughts on “Guru Taruna Bakti menuju Een Sukaesih Award 2019

  • May 27, 2019 at 5:44 am
    Permalink

    ESA
    adalah salah satu tolak ukur kompetensi Guru Profesional
    berharap Bapak dapat meraihnya dengan gemilang. Kiranya Een Sukaesih Award menjadi inspirasi dan motivasi bagi Guru di Indonesia.
    SELAMAT Sukses untuk Pa Bambang.
    Bravo.

    Reply
  • May 27, 2019 at 6:22 am
    Permalink

    Guru itu diguGu dan ditiRu… Saya rasa dari guru guru yang ada di SMP Taruna Bakti bapak adalah satu yang digugu dan ditiru… terutama digugu dan ditiru oleh siswa saat berada diluar lingkungan sekolah

    Barakallaah pak Bambang

    Reply
  • May 27, 2019 at 7:54 am
    Permalink

    testimoni-untuk-bambang-purwanto-esa2019.pdf .saya ida susanti salah satu teman Bambang yang telah merasa termotivasi oleh segala gerakanya baik di sekolah sebagai guru, di rumah sebagai kepala keluarga , di komunitas FTBM sebagai Pembina dan diMasyarakat sebagai RW, layak rasanya bahkan sangat layak beliau menerima penghargaan ini ,karena apa yang dilakukanya Lillah setulus hati melayani.

    Reply
  • May 27, 2019 at 8:07 am
    Permalink

    Saya sudah mengenal Pak Bambang sejak sama-sama sekolah di SMAN Baleendah, lulus tahun 1992. Penganugerahan Guru Inspiratif Jawa Barat Een Sukaesih Award 2019 untuk beliau sangatlah layak, mengingat beliau yang selalu bersemangat dan dapat menularkan semangatnya tersebut kepada lingkungan sekitar untuk dapat melahirkan idea-idea inspiratif untuk kemajuan bersama.

    Reply
  • May 27, 2019 at 8:26 am
    Permalink

    Salam,
    Sebagai seorang konsultan profesional dan eksekutif perusahaan, saya menilai pak Bambang Purwanto adalah salah satu sosok guru yg tdk hanya bisa mengajar tapi juga pandai mendidik. Memberikan contoh dan teladan yg baik untuk siswa2 nya. Selain itu bapak memiliki etos kerja yg bagus, pekerja keras, seorang pembelajar hal2 yg baru serta kreatif. Saya dukung bapak sebagai penerima Een Sukaesih Award 2019

    BRAVO
    Wass.

    Reply
  • May 27, 2019 at 10:17 am
    Permalink

    Assalamu’alaikum wr wb. Saya mengenal pak Bambang Purwanto sebagai guru juga sebagai rekan di Pokja GLS Kota Bandung/Geliats. Beliau dikenal guru yang kreatif dan inovatif, dengan ide-idenya yg luar biasa, selain itu cerdas dan santun pula. Dengan 3 kecerdasan yg beliau miliki (kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional). Saya sangat mendukung beliau sebagai penerima Een Sukaesih Award. Wassalam wr wb.

    Reply
  • May 27, 2019 at 3:30 pm
    Permalink

    Latar belakang keluarga dan kehidupan yang baik akan menghasilkan pribadi yg baik dan bertanggung jawab. Pak Bambang adalah salah satu yg memiliki hal tersebut karena terlihat jelas nyata diprofesi beliau saat ini. Bukan hanya menjadi guru yang baik, beretika, inspiratif dan tentunya disegani tapi sekaligus menjadi sahabat untuk anak didiknya juga.
    Sebuah lembaga apapun akan sangat beruntung dengan kehadiran beliau.

    Reply
  • May 29, 2019 at 2:28 am
    Permalink

    Assalamualaikum wr. Wb.
    Saya kenal dekat dg pak Bambang Purwanto, beliau adalah ketua RW di kompleks kami yg memiliki program kerja yg terukur dan realistis.
    Sudah banyak perubahan pembangunan di wilayah kami, baik fisik maupun non fisik.
    Selain seorang pendidik, beliau juga memiliki komitmen kuat untuk mencerdaskan warga komplek melalui TBM yg dibinanya, yakni TBM “AS”. Taman bacaan yg didirikan di rumahnya sendiri ini selalu ramai dg berbagai kegiatan literasi. Tidak hanya tulis-baca, melainkan juga kegiatan lain seperti kursus-kursus, penyuluhan kesehatan dll. Semua itu tanpa mengandalkan bantuan warga, melainkan atas inisiatif dan upayanya sendiri.
    Sebagai seorang sahabat dan rekan, saya sangat mendukung rencana beliau untuk ikut seleksi Een Sukaesih Aword 2019 ini, memang sudah layak untuk hal ini. Selamat untuk Pak Bambang, semoga sukses.

    Reply
  • June 1, 2019 at 12:50 am
    Permalink

    Rendah hati, ringan tangan, cekatan, suka berbagi ilmu, suka mengalah demi kepentingan kemajuan bersama.. Terus berkarya bagi lingkungan sekitar, semoga menjadi inspirasi bagi yang lainnya…

    Reply
  • June 1, 2019 at 11:17 am
    Permalink

    Bismillah..
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Bagi saya pribadi sosok Pak Bambang beliau adalah seorang guru yang mempunyai etos kerja yang tinggi dan dedikasi yang tinggi sebagai pangajar dan pendidik. Beliau sangat kreatif dalam memberikan pembelajaran maupun mengerjakan administrasi berbasis komputerisasi sehingga mempermudah dalam pengolahan data atau hasil akademik dari siswa/i nya.
    Saya yakin Beliau layak mendapatkan Een Sukaesih Award. Salam Sukses Selalu dan Tetap Semangat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *