Menulis Pesan dari Lagu Mari Membaca (Jumat Ayo Menulis)

Pada kegiatan Jumat Ayo Menulis (JAM) pada hari Jumat tanggal 7 Agustus 2020, peserta didik di SMP Taruna Bakti diminta untuk menuliskan pesan dari lagu Mari Membaca – Ferry Curtis 2017.

No Nama Lengkap Kelas Absen Pesan dari Lagu
1 Angela Aurelie Putri Michael 7A 3 Kita harus rajin membaca agar bisa menjadi bangsa yang maju
Contohlah para pemimpin besar yang rajin membaca
Jika kita rajin membaca pasti negara kita akan maju
Contohlah guru guru kita yang senang membaca agar kita bisa menjadi seperti mereka
Ayo kita ke pustaka untuk membaca agar wawasan kita bertambah
2 Erlangga Arya Nadindra 7A 9 Jadi vid diatas menyuruh kitauntuk membaca. Bangsa2 yang maju biasanya rankyatnya suka mmbaca. Membaca juga dapat menambah wawasan kita. Mayoritas orang pintar pun sering membaca. jika jarang baca wawasan kita berkurang.
3 falisya azalea santika 7A 10 dengan melihat video diatas saya tahu bahwa membaca buku adalah salah satu sumber kesuksesan. dengan membaca buku kita dapat mengetahui apa yang belum diketahui. walaupun ada internet namun menurut saya membaca lewat buku akan lebih membuat kita ingat dengan isinya. dan juga fakta bahwa tokoh tokoh Indonesia gemar membaca semakin memotivasi saya untuk membaca. dengan membaca juga kita dapat membuat bangsa Indonesia semakin maju.
4 Freyaditta zs 7A 11 Ayo baca menambah ilmu dari jendela alam
5 Kalisha Kamila Rubianto 7A 13 Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya. Membaca akan menambah pengetahuan. Anda hanya bisa membuka jendela dunia dengan membaca buku.
6 Hanifa Widya Khairunnisa 7A 13 Pesan moral yang bisa saya dapatkan dari tayangan diatas adalah jika kita ingin sukses , maju , berkembang , dan cerdas kita harus membaca . Karna dengan membaca , bangsa kita bisa maju , berkembang ,dan dapat menghasilkan generasi yang cerdas dan berkualitas . Dan dengan membaca pun kita dapat wawasan yang lebih banyak .
7 Jibril Khalfani Rumi 7A 14 Membaca dapat menambah ilmu kita, jadi kita harus rajin-rajin membaca
8 Kevin Anugrah Sentosa 7A 17 Kita harus membiasakan pergi perpustakaan untuk membaca.
Guru yang hebat selalu membaca.
Murid yang pandai suka membaca buku.Jika bangsa ingin maju pasti suka membaca.Pemimpin besar pun suka membaca.Mari kita budidayakan membaca
9 Kindi Jadwa Ghazawan 7A 18 Bangsa yang maju bangsa pembaca
10 Louviana De Isal 7A 20 Di hidup,pendidikan dan ilmu sangat penting. Untuk mendapatkannya kuta perlu membaca buku. Setiap buku mempunyai pesan moral tersendiri dan pelajaran tersendiri. Ilmu dapat membuat kita pandai. Kita pun dapat sukses di masa depan jika kita pandai
11 Magnalii N.A 7A 22 Pesan moral yang bisa diambil adalah buku adalah kunci untuk prestasi. Yang dimaksud dengan kunci untuk prestasi adalah orang-orang yang senang membaca buku mendapat ilmu lebih banyak daripada yang jarang membaca buku. Orang-orang pintar bisa pintar karena membaca buku yang banyak. Murid yang pandai sering membaca. Pemimpin juga membaca buku. Ini menandakan bahwa membaca buku adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita karena membaca buku bisa membuat kita lebih pandai.
12 Mochammad Attaya Arkananta 7A 23 Kita harus sering membaca buku. Jika kita membaca buku kita bisa bertambah pintar. Jika kita semua sering membaca negara kita bisa maju. Dan jika kita sering baca kita juga bisa sukses dimasa depan
13 najwa agnia shavira 7A 24 ayo kita membaca buku.pemimpin besar pun membaca.bangsa pun harus membaca buku.jadi ayo kita baca buku.agar menjadi bangsa yang pintar
14 Raisya aina ependi 7A 25 1. Jika ingin pintar harus membaca
2. Membaca bisa mendapatkan ilmu
15 Rengganis Pramesthi 7A 26 Membaca adalah salah satu sumber ilmu. Selain buku adalah jendela dunia buku juga adalah sumber yang paling akurat. Dengan kita membaca itu kita bisa memperluas wawasan kita. Kegiatan literasi ini mendukung kita untuk memperluas wawasan dan tidak malas-malasan. Jadi membacalah agar bisa menjadi bekal di kemudian hari.
16 Vandrei Ezell Akahira 7A 28 membaca merupakan kegiatan mudah yang sangat bermanfaat
17 Fiorenza Amararatna Agstyawardhana 7B 7 Kita harus rajin membaca agar bisa meraih impian kita. Karena pemimpin besar pasti rajin membaca. Negara yang maju pasti negara pembaca. Guru yang hebat pasti juga suka membaca. Dan murid yang pandai pasti membaca. Kita pasti bisa menjadi yang terbaik dengan membaca.
18 Ida Bagus Wiranatha Nararya Mahaputra 7B 10 Pesan moral yang saya dapatkan dari video tersebut adalah untuk rajin membaca. Karena jika kita rajin membaca kita akan membuahkan hal yang bagus. Seperti saat kita besar menjadi orang sukses dan menjadi orang pintar. Dengan membaca kita bisa membuka pikiran kita menjadi lebih luas.
19 jasmine tabina mecca 7B 12 jadi pesan moral dari video tadi yaitu kuta harus membaca agar menjadi orang yang hebat dan pandai. orang yang bebat adalah orang yang suka membaca. bangsa yabg hevat juga yang suka membaca. membaca itu bermanfaat. membaca juga membuat kita pintar dan berwawasan.
20 Muhammad Rafly Gunawan 7B 21 Harus sering membaca buku.Pergi ke pustaka karena banyak buku buku menarik.Bisa membuat kita pintar membaca itu.Bisa dapal ilmu karena membaca untuk masa depan kita.
21 Naila azizah 7B 23 Ayoo membaca untuk masa depan yoo ke pustaka untuk membaca lebih banyak buku dan menambah pengetahuan
22 aisyah malika s 7Bil-1 1 kita harus membaca karena itu membuat kita pintar. orang-orang hebat membaca buku, seperti murid, guru, dan pahlawan. dengan membaca kami dapat menjadi lebih akrab (seperti di vidio). ilmu dari membaca tidak akan sia sia. mari mulai membaca
23 Aksa Rachman 7Bil-1 3 Pesan tersebut adalah harus rajin membaca.Banyak para pemimpin yang rajin membaca. Fungsi membaca adalah untuk menambah kosakata dan menambah pengetahuan. Orang yang pandai membaca pasti pandai dan rajin. Guru pun banyak yang suka membaca.
24 Alivia Khaira Umma 7Bil-1 4 Guru yang hebat adalah guru yang membaca. Pelajar yang pandai adalah pelajar
yang membaca. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang membaca. Bangsa yang maju adalah bangsa yang membaca. Demi mewujudkan negara yang jaya, diperlukan setiap individunya untuk membaca.

Dengan membaca, kita banyak mendapatkan wawasan dunia. Dengan membaca, kita banyak mendapatkan pengetahuan untuk masa depan. Dengan membaca, kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat hingga hari tua. Dengan membaca, menjadikan negara kita yang terdepan. Dengan membaca, kita sudah membangun masa depan yang cerah.

25 Anadhya Khayyira P.Y 7Bil-1 5 Guru yang hebat adalah guru yang selalu membaca. Murid yang pandai adalah murid yang senang membaca. Jika kita selalu membaca wawasan kita akan bertambah karena buku adalah jendela dunia. Jika seluruh siswa dan guru senang membaca negara akan maju. Jadi jika kita membaca negara akan maju dan pengetahuan kita tentang dunia akan bertambah banyak.
26 Azidya Trimuthia Prawira 7Bil-1 6 Membaca sangat diperlukan supaya kita pandai. Bangsa yang maju berarti bangsa pembaca. Pemimpin menjadi pemimpin pasti karena membaca. Maka ada kegiatan literasi. Mari, kita mulai membaca supaya pandai!
27 Caesar Valent Alvry 7Bil-1 7 Kita harus sering membaca demi memajukan bangsa. Video ini dibuat karena kurangnya minat membaca di Indonesia. Membaca pun membuat orang-orang menjadi pemimpin bessar. Membaca pun harus dimulai dari kecil. Dengan musik ini, diharapkan dapat memotivasi orang-orang untuk ikut membaca.
28 Dimas Raditya Kusuma Putra 7Bil-1 8 Budaya membaca, mengapa sih kita harus membaca ? karena membaca merupakan suatu cara untuk mendapatkan informasi yang di tulis. Membaca dapat menjadi yang dilakukan sendiri maupun keras-keras. Hal tersebut dapat menguntungkan untuk pendengar lain yang juga bisa membangun konsentrasi kita sendiri.Membaca juga memberikan manfaat yaitu menambah wawasan dan pengetahuan .Oleh karena itu,membaca sangatlah penting bagi kita.
29 Fatia Zahra Kamila 7Bil-1 9 pesan moral dari video ini adalah kita harus membaca.Karena membaca membuat kita pandai, dan pemimpin-pemimpin hebat seperti Ki Hajar Dewantara dan Moh. Hatta senang membaca.
30 Jinan Fauzeya Rayandhi 7Bil-1 11 Murid yang pandai selalu membaca.Guru yang hebat senang membaca.Buku merupakan tambahan ilmu bagi kita.Jika kalian ingin menjadi pintar.Rajin rajinlah kalian membaca.
31 Keandra Kaetsar Kemaltaba 7Bil-1 12 Kita harus rajin membaca. Membcaca membantu menambahkan ilmu dan kreatifitas. Ilmu dna kreatifitas dibutuhkan untuk banyak hal. Contoh-contohnya adalah untuk memimpin dan memajukan suatu kelompok atau bangsa. Itulah mengapa kita harus membaca, yaitu agar kita menjadi pintar
32 Mumtaz Aqila Razak 7Bil-1 14 Kita itu harus membaca. Karena orang orang dapat menjadi sukses karena membaca. dan juga beberapa tokoh tokoh terkenal di dunia itu menjadi terkenal karena membaca. dan jika kita membaca negara kita bisa menjadi maju. dan karena semua ilmu yang kamu bisa dapatkan ada di dalam buku.
33 Nafisa Zeta Oktavian 7Bil-1 15 membaca itu kadang bikin males. tapi membaca itu bisa menambah wawasan. beneran. ga boong. coba deh baca buku biologi bab1 beberapa halaman aja. segitu aja menuruk aku udah bisa menambah wawasan. coba kalian pilih satu buku buat dibaca. terus dibaca dari awal sampai akhir. saat buku itu sudah kamu selesaikan. akan ada rasa bangga karena sudah menyelesaikan satu buku penuh. membaca itu banyak manfaatnya.
34 Rahesha Alka Devata 7Bil-1 17 Ada banyak moralnya seperti untuk rajin membaca tapi kenapa kita harus membaca? Membaca itu bisa sangat seru dan menyenangkan karena banyak cerita dan informasi menarik . Selain itu Membaca bisa membuat kita lebih pintar dan pandai . Jadi mari membaca karena negara maju selalu membaca seperti pemimpin pemimpin kita . Jangan tunggu tunggu mari kita ke perpustakaan
35 Ranu Phalasa 7Bil-1 20 Pesan moral video tersebut adalah kita harus rajin membaca. Dapat dilihat bahwa orang sukses adalah orang yang rajin membaca. Pemimpin yang sukses seperti Bung karno adalah orang yang rajin membaca. Guru yang hebat dan murid yang pandai adalah orang yang rajin membaca. Maka kita harus mengikuti kebiasaan membaca dari orang orang sukses tersebut.
36 Ranu Phalasa 7Bil-1 20 Pesan moral video tersebut adalah kita harus rajin membaca. Dapat dilihat bahwa orang sukses adalah orang yang rajin membaca. Pemimpin yang sukses seperti Bung karno adalah orang yang rajin membaca. Guru yang hebat dan murid yang pandai adalah orang yang rajin membaca. Maka kita harus mengikuti kebiasaan membaca dari orang orang sukses tersebut.
37 Rizqidia Nurzahira R 7Bil-1 21 Bangsa yang besar adalah bangsa pembaca. Tokoh-tokoh besar sudah mencontohkan kepada kita, yaitu Bapak Mohammad Hatta. Membaca itu bagaikan jendela dunia, karena dengan membaca kita dapat mengetahui banyak hal. Kita dapat menjelajahi dunia dengan membaca. Mari kita sering membaca. Banyak manfaat yang kita dapat.
38 Tristan Adia Kaory 7Bil-1 23 Moral nya jika kita membaca buku kita akan mendapat banyak ilmu. Agar masa depan terbekali ilmu ilmu yang berguna bagi hidup. Agar kita dapat membalas jasa para pahlawan. Membalas jasa para guru yang sudah mengajar kita. Dan membuat orang tua kita bangga.
39 Zaky Alman Taqillah 7Bil-1 24 Membaca adalah aktivitas berharga untuk mencerdaskan masyarakat, baik siswa, guru, maupun pemimpin. Seorang pembaca dapat menjadi sukses dan dapat mencapai cita-cita dengan mudah. Membaca buku juga dapat membuat negara kita lebih maju. Oleh karena itu marilah kita membaca buku. Agar kita menjadi sukses dan dapat memajukan negara.
40 Alanna Fitria Kirana 7Bil-2 1 Buku bacaan adalah sumber dari banyak hal. Jadi, kita harus membaca kalau kita mau menjadi lebih pandai. Banyak orang sukses yang sukanya membaca. Bila mau membuat bangsa kita maju, kita harus sering membaca. Terima kasih.
41 Almer Phalevi Firdaus 7Bil-2 2 Ayo literasi membaca buku. Buku itu sangat penting untuk kebangsaan kita. Yang dapat nilai bagus di sekolah, berarti dia orang membaca buku. Buku itu gudang ilmu pengetahuan. Jika kamu mau membaca buku bisa beli atau ke perpustakaan
42 Arga Bramantyo Anggoro 7Bil-2 6 Lagu ini mengingatkan agar kita rajin membaca.Dikarenakan jika kita membaca akan mendapat banyak ilmu yang bermanfaat.Juga dapat menjadi sumber wawasa n untuk seluruh warga.Serta pentingnya bersyukur dikarenakan kita mudah untuk membaca buku.JUga pentingnya membaca buku.
43 Charissa Chelsky Candradewa 7Bil-2 10 Jika,kita ingin sukses kita harus rajin membaca. Tokoh-tokoh besar sukses karena mereka rajin membaca. Membaca itu penting karena dapat menambah ilmu yang sebelumnya belum kita ketahui. Kita bisa lebih pintar dari membaca buku dan mendapatkan prestasi. Jadi, membaca buku sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup.
44 Freya Lubna Kamilia 7Bil-2 11 kita harus rajin membaca karena guru hebat dan murid yang pandai suka membaca.Pemimpin besar juga membaca contohnya Bung Hatta. Bangsa yang maju suka membaca.Ayo pergi ke pustaka untuk membaca buku.Membaca juga dapat menambah pengetahuan.
45 Halzahra Arkenzie Malik 7Bil-2 12 Jika kita ingin menjadi peminpin, kita harus rajin membaca. Dengan membaca, wawasan kita menjadi luas. Sehingga pengetahuan bahasanya lebih banyak. Rajinlah membaca agar menjadi manusia yang hebat. Rajinlah membaca untuk menjadi penerus bangsa.
46 Jivara Faiza Ridwansyah 7Bil-2 13 Kita harus membiasakan membaca karena membaca dapat membuat kita pintar dan menambah ilmu agar berguna untuk kita di masa depan.
47 Kayla Purawinata Putri Khatulistiwa 7Bil-2 14 kita harus rajin membaca. dengan membaca kita bisa menjadi bangsa yang lebih baik. orang yang pandai selalu membaca. Kita bisa membaca buku di pustaka
48 Kayla Purawinata Putri Khatulistiwa 7Bil-2 14 kita harus rajin membaca. dengan membaca kita bisa menjadi bangsa yang lebih baik. orang yang pandai selalu membaca. Kita bisa membaca buku di pustaka
49 Kayla Purawinata Putri Khatulistiwa 7Bil-2 14 kita harus rajin membaca. dengan membaca kita bisa menjadi bangsa yang lebih baik. orang yang pandai selalu membaca. Kita bisa membaca buku di pustaka
50 Keisha Esteria Hasian Sitinjak 7Bil-2 16 Membaca bisa dibilang kegiatan yang wajib. Membaca adalah kunci menjadi sukses, karena membuat pintar. Kita anak Indonesia harus memiliki semangat membaca. Agar bisa menjadi orang sukses. Menjadi orang sukses bisa mengharukan nama negara.
51 Muhammad Rafa Akilah Siraj 7Bil-2 17 ayo membaca buku di pustaka! Jika kita membaca buku kita akan mendapatkan banyak ilmu. Di setiap buku terdapat ilmu ilmu yang bisa kita ambil. Orang yang suka membaca akan menjadi orang pandai. orang pandai senang membaca buku.
52 nadia salsabilla 7Bil-2 18 pergi lah ke pustaka untuk membaca. membaca buku bukan hanya murid atau pelajar saja, tetapi semua irang di muka bumi ini dapat membaca agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan

bangsa yang maju adalah bangsa pembaca. dengan membaca kita juga dapat mengurangi stress dan meningkatkan kualitas memori.

53 Rafa Aldeandra 7Bil-2 19 Setiap hari, kita harus rajin membaca. Membaca adalah tempat kita menambah ilmu untuk masa depan. Membaca bisa membuat kita menjadi orang yang hebat.
Orang-orang seperti guru, pahlawan, dan lainnya berhasil sukses karena diawali dengan membaca. Kita juga pintar dengan adanya buku.
54 Regan Shaquille Ammarsany 7Bil-2 20 Ayo ke purpastakaan untuk membaca buku. Membaca buku agar kita bisa pandai dan pintar. Murid yang pintar selalu membaca buku karena membaca buku mereka jadi pintar. Pemimpin besar seperti juga pasti membaca. Ayo membaca buku agar jadi pandai.
55 Siti Aisha Humaira Alamsyah 7Bil-2 22 Kita harus rajin membaca. Karena membaca dapat menambah ilmu. Kita juga bisa tambah pandai. Kita dapat menjadi pemimpin yang baik jika rajin membaca. Kita juga bisa membuat negara kita semakin maju.
56 Syaluna Kanantya Andary 7Bil-2 23 Membaca adalah hal yang sangat penting di kehidupan kita. Kita juga harus rajin ke perpustakaan. Dengan membaca, kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar bagi masa depan. Karena bangsa yang maju ada bangsa pembaca.
57 Syaluna Kanantya Andary 7Bil-2 23 Membaca adalah hal yang sangat penting di kehidupan kita. Kita juga harus rajin ke perpustakaan. Dengan membaca, kita akan mendapatkan manfaat yang sangat besar bagi masa depan. Karena bangsa yang maju ada bangsa pembaca.
58 Syesha Safira Sudradjat 7Bil-2 24 Pesan moral yang aku dapatkan adalah dengan membaca kita semua menjadi pandai. Ilmu kita dapat dari membaca. Kami bisa mengetahui banyak pengetahuan dari membaca buku, dll. Jadi dengan membaca buku kita bisa lebih pandai. Dan banyak informasi baru.
59 Aliyah Putri Razanah Saputra 7C 1 Kita harus rajin membaca.Sebagai pelajar harus mempunyai hobby membaca.Manfaat ya kita bisa mendapat wawasan yang luas.Rajin membaca sangat mendukung dalam kegiatan belajar.Jadi kita harus punya hobby membaca buku
60 Brian Rafi Satria 7C 3 Membaca memiliki banyak manfaat terhadap Bangsa Indonesia. Dengan membaca orang dapat mengetahui hal-hal baru yang belum mereka tahu. Membaca juga dapat membuat Bangsa Indonesia menjadi lebih maju. Membaca juga dapat menumbuhkan rasa nasionalisme ketika membaca buku sejarah Indonesia. Dengan banyak membaca kelas Bangsa Indonesia akan menjadi Bangsa yang maju dan sejahtera.
61 Daffa Nabil El Hamzah 7C 4 mengajak untuk kepustaka dan membiasakan membaca.
62 Davianda Marsa Ramdani 7C 5 Ayo ke pustaka, mari membaca, murid yang pandai selalu membaca.
63 Diandra Qimira 7C 8 Kita harus rajin membaca. Karena bangsa yang maju adalah bangsa yang suka membaca. Dengan membaca kita dapat menjadi anak yang pandai. Guru dan pemimpin besar juga pasti suka membaca. Dengan kita sering membaca mungkin kita dapat menjadi guru atau pemimpin besar suatu saat nanti.
64 Feyla Maharani Putri 7C 9 Dalam video ini pesan yang dapat kita ambil adalah mari kita sering-sering membaca. Karena ilmu didapat jika kita sering membaca buku , mau buku novel, buku belajar, buku apapun jika kita baca kita akan mendapat ilmu baru. Video ini mengingatkan kita untuk sering membaca karena bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki banyak ilmu dari membaca. Apalagi jaman sekarang kita sudah jarang baca buku melainkan bermain gadget, maka lagu ini menyemangati kita untuk membaca buku lagi. Kalau kita pengen maju pengen memiliki wawasan yang tinggi kita harus rajin membaca buku.
65 Haydar Rabbani 7C 10 kesenangan, energy.
66 jurrien rafael a 7C 11 kita harus membaca.agar kita menjadi orang yang pandai .karena pemimpin yang besar pun membaca.guru pun senang membaca .dan berusaha untuk ke pepustaka
67 Muhammad Rifaldy arkan 7C 14 Bangsa yang maju banyak membaca.
68 Kimya Aisya Ali 7C 14 kita harus membiasakan diri untuk selalu membaca agar bangsa kita maju dengan murid murid penerus bangsa bisa membanggakan negara.
69 Muhammad Vierzan Rasendriya 7C 18 Ayo ke pustaka ayo membaca. Karena bangsa yang maju bangsa pembaca. Baca itu ada gunanya. Pemimpin juga pasti membaca. Jadi kita semua harus membaca.
70 nathania paramitha rafeni putri 7C 20 ajakan untuk membaca buku. manfaat membaca. dengan membaca kita dapat menjadi bangsa yang sukses dan pintar.
71 Rakha Byantara Nadif 7C 25 Kita harus membaca untuk menjadi bangsa yang maju. Kita harus membaca untuk menjadi murid yang pintar. Kita harus membaca untuk meraih cita-cita kita. Buku adalah jendela dunia. Hargai buku
72 Uziellabib Shidqi Hoesein 7C 26 1. pergi ke perpustakaan untuk membaca
73 Audy Kharisma Setiadi 7D 2 Pesan yang disampaikan dari video itu adalah memgajak kita untuk membaca. Dengan membaca kita mendapatkan banyak ilmu. Dengan membaca membuat kita menjadi pintar. Dari buku kita mendapatkan pengetahuan baru. Orang-orang sukses juga sering membaca.
74 Avissa sitti amabel 7D 3 Kita harus rajin membaca agar kita makin pintar. Agar bangsa maju kita harus sering membaca. Pemimpin juga pasti suka membaca. Lebih baik kita sering ke perpustakaan. Guru pasti membaca.
75 Ayzar Hisyam Raditya 7D 4 Membaca itu penting karena membuat kita pandai. Membaca itu melatih imajinaasi otak. Mulailah membaca dari buku yg disenangi. Seringlah datang ke perpustakaan. Agar menjadi pemimpin yang hebat dan bangsa yg maju.
76 Cahaya Danika Permana 7D 5 Kita harus pandai membaca karena membaca sangat bermamfaat untuk kita. Dari video itu juga bisa kita lihat orang orang yang pintar pandai dll adalah orang yang suka membaca. Dengan sering membaca kita bisa menjadi orang yang pandai dan sukses juga seperti orang orang itu. Kalau kita malas membaca maka kita bisa menjadi orang yang pemalas. Jadi sering sering lah membaca!
77 Calista Belva Kaishaura 7D 6 Membaca tidak terbatas untuk siapa saja, untuk guru, murid, bahkan sampai pemimpin besar. Karena dengan membaca kita akan mendapat pengetahuan yang merupakan satu-satunya hal yang akan terus bersama kita. Seorang pemimpin besar tidak harus kuat seperti superhero. Tapi kekuatan seorang pemimpin adalah dengan pengetahuan yang tidak mengenal batas yang dinilai dari membaca. Kita pintar dengan membaca.
78 Ezraghi Asqari Kusumapatra 7D 8 Kunjungilah perpustakaan sering-sering untuk membaca buku. Kita harus membiasakan untuk membaca buku, karena ilmu yang didapat dari buku itu banyak sekali. Selagi masih diberi kesempatan, bacalah buku sebanyak-banyaknya. Agar Kita bisa memajukan Indonesia kita harus membaca, karena dari membaca kita bisa mengetahui banyak hal. Semua orang hebat pasti membaca, jadi ayo Kita jadikan mereka contoh.
79 Azizulfi Hadi Setiawan 7D 8 Membaca itu penting karena dengan membaca wawasan kita akan bertambah, pengetahuan kita akan menjadi lebih luas. Semua orang pintar dan cerdas suka membaca mereka semua membaca untuk menambah wawasan mereka dan untuk mencari jalan dari suatu masalah. Ada juga orang yang suka membaca untuk kesenangan tersendiri.
80 Fahrisa Putri Fahri 7D 9 membaca membuat kita semua menjadi hebat.Termasuk murid dan guru dan pemimpin. Maka dari itu kita harus sering membaca buku. Semua sesuatu yang kita tau kita mulai dari membaca. Dan dari kita membaca bisa tau segala hal.
81 Hana Apsariningtyas Puspito 7D 11 Pesan moralnya adalah membaca itu sangat penting. Oleh karena itu, kita sebagai siswa
harus selalu meningkatkan minat dan kemampuan membaca. Maka, kita akan menjadi guru yang hebat,
pemimpin, atau murid yang pintar. Dengan kita membaca, bisa membangun kebersamaan dengan keluarga dan teman. Jangan bermalas-malas untuk membaca karena bisa membantu kita
di masa depan
82 Hana Apsariningtyas Puspito 7D 11 Pesan moralnya adalah membaca itu sangat penting. Oleh karena itu, kita sebagai siswa
harus selalu meningkatkan minat dan kemampuan membaca. Maka, kita akan menjadi guru yang hebat,
pemimpin, atau murid yang pintar. Dengan kita membaca, bisa membangun kebersamaan dengan keluarga dan teman. Jangan bermalas-malas untuk membaca karena bisa membantu kita
di masa depan
83 Joely Tahani Suyana 7D 13 Bangsa yang selalu membaca adalah bangsa yang maju.Kita harus lebih sering membaca agar bangsa kita maju.Kita juga harus lebih sering mendatangi perpustakaan .Untuk mengapai mimpi kita harus membaca.Murid yang hebat senang membaca.
84 Lorraine Nathanie Martin 7D 14 Ayo kita membaca dan ke perpustakaan untuk membaca. Agar menjadi murid yang hebat dan cerdas ayo kita sering kan membaca. Agar jadi negara yang maju tanamkan kebiasaan membaca. Jika kamu ingin menjadi pemimpin hebat ayo kita sering membaca. Ayo kita tanamkan rajin membaca sejak dini.
85 Malik Rifat Arazky 7D 15 Dengan membaca kita dapat menstimulasi mental. Lalu menambah wawasan dan pengetahuan. Dapat meningkatkan fokus konsentrasi. Melatih untuk dapat menulis dengan baik. Dapat memperluas pemikiran seseorang.
86 Sean Lawrence Lie 7D 16 Bangkitkan semangat untuk membaca.Orang orang terpandai adalah orang yang membaca.Kita harus bangga untuk mengembangkan kegiatan literasi di Indonesia.Ayo teman teman mari kita membaca.Untuk menjernihkan pikiran dengan segala ilmu dunia yang kemudian bisa membuat kita pintar serta menjadi irang hebat.
87 Muhammad Rashid Syahputra 7D 18 dengan membaca kita dapat menjadikan bangsa kita maju, janganlah malas menbaca,
88 Nicky Farlie Natalino Alfonso 7D 20 Kalau mau menjadi orang pandai, kita harus rajin membaca. Membaca itu sangat bermanfaat untuk menambah ilmu dan informasi. Dengan membaca banyak nilai positif yang kita dapatkan. Salah satu contohnya dengan rajin membaca, kita dapat mengetahui apa yang terjadi di dunia sekitar kita. Ayo mari kita rajin membaca!! 😀
89 Prabu Kusuma Abdy 7D 21 pesan moral yang saya dapat dividio.semua orang harus membaca.membaca manfaat nya untuk mendapatkan ilmu.orang sukses berawal dari membaca.orang yang rajin membaca maka dia akan sukses
90 Raden Nazli Mughietsa Munief Putrabenardi 7D 22 Jangan lah malas membaca karena dari membaca kita bisa tau apa yang kita tidak ketahui sebelum nya. Karena dengan membaca juga kita bisa menjadi pandai. Dan apakah kamu tau bahwa seseorang menjadi pemimpin yang besar karena membaca. Dan bangsa yang maju adalah bangsa yang suka membaca. Jadi ayo lah kita gunakan waktu luang dengan membaca.
91 Raffi euro zakhwan damiri 7D 23 Seringlah ke pustaka.karena banyak macam buku yang bisa dibaca.membaca membuat kita maju.membaca juga bisa menambah ilmu kita.mari membaca
92 Rafid Izza Tanzila 7D 24 kita harus selalu membaca karna apapaun profesimu ilmu itu ada dalam buku.
semua orang akan bisa memahami arti dari sebuah cerita karna membaca.Dan bacalah sesalu buku yang kamu lihat siapa tahu buku itu membverikan kita ilmu.Dan jika ada sesuatu baca dulu .
93 Rana Zhahirah 7D 25 Membaca itu sangat penting karena dapat menambah wawasan kita.
Guru yang hebat pasti sering membaca.
Murid yang hebat pasti sering membaca.
Pemimpin yang hebat pasti sering membaca.
Mari kita pergi ke pustaka dan membaca
94 Rania Anindita 7D 26 Kita harus membaca agar mengetahui banyak hal.Kita pintar,kalian pun pintar.Buku ada pedoman bagi kehidupan kita.Membaca sangat penting untuk kita.Dengan membaca,kita tau banyak hal dan tambah semangat.
95 Shifa Zerlita Abadi 7D 27 Pada Vidio tersebut terlihat semua orang mengajak kita untuk membaca . Dan mengajak kita ke perpustakaan . Seseorang guru yang hebat pasti senang membaca . Dan pasti seseorang pemimpin pun senang membaca . Dan murid yang pintar pasti senang membaca.
96 Asha Padma Ramba Tripradopo 7E 2 membaca itu sumber kesuksesan. kalau kita rajin membaca, kita bisa menambah ilmu. ilmu itu bukan dapat dari guru saja. tapi bisa dari buku. buku itu bermanfaat yaaa..
97 Aura Khaila Azhari 7E 3 membaca sangat lah penting. membaca sangat lah berpengaruh untuk masa depan. banyak orang yang berpikir membaca itu tidak penting. pada dasarnya membaca itu sangat penting. mulai lah untuk membaca.
98 Akeesha Safira AM 7E 4 Kita harus membiasakan diri untuk sering membaca.Dari membaca kita dapat mengetahui banyak hal.Bahkan,pemimpin kita pasti juga membaca.Kita ingin menjadi sukses pun pasti kita juga membaca. Jadi, Dengan membaca ( dan giat belajar ) kita bisa menjadi apapun di kedepan nyad
99 Ayuthaya Andriana 7E 4 Membaca adalah intestasi paling murah tapi keuntungannya besar dalam hidup
100 Azaria Gafat Maulana 7E 5 Dengan sering membaca kita bisa menjadi murid yang pintar. Dengan sering membaca kita bisa memajukan bangsa. Pemimpin tinggi juga membaca. Guru yang hebat selalu membaca. Teruslah membaca agar bisa membanggakan bangsa.
101 Dhamir Rasyid Resmana 7E 8 Kita harus senang membaca. Agar menjadi pandai kita harus selalu membaca. Bangsa yang maju adalah bangsa pembaca. Guru yang hebat senang membaca. Kita tidak bisa apa-apa tanpa membaca.
102 Elvira Valeska J 7E 9 Pelajaran moral yg saya dapat membaca itu penting. Membaca dpt membuat kita pandai. Karna buku adalah jendela ilmu. Membaca tidka akan membuat kita rugi. Jika bangsa ingin maju kita hrs memperbanyak membaca.
103 harashta jannis andriansyah 7E 12 Kita harus membaca buku. Karena buku itu membuat kita jadi pintar. Dan kita bisa menjadi pemimpin dengan cara membaca. Karena pemimpin juga pasti membaca buku. Maka dari itu, ayo membaca
104 Hylmi Ghanim Suryo Wicaksono 7E 13 Jika kita ingin menjadi orang yang hebat kita harus membaca buku.
105 Juwayria Zafnah 7E 14 Kita harus membiasakan membaca sejak kecil. Karena guru yang mengajari kita juga membaca. Pemimpin kebangsaan kita juga pasti membaca. Itulah mengapa kita harus rajin membaca sejak kecil. Dengan itu juga kita mendapatkan pengetahuan yang lebih luas.
106 Muhammad Yumna Nur Hisyam 7E 16 Kita harus sering membaca agar mengerti dalam pembelajaran. Membaca juga banyak manfaat nya. Membaca buku tidak hanya buku pelajaran tapi buku di luar pelajaran juga bagus.Dengan banyak membaca kita menciptakan generasi yang hebat. Kita sebagai penerus bangsa harus sering membaca untuk masa depan nanti.
107 Namira Aishagita Kusumahadilaga 7E 17 Dengan membaca kita akan menjadi anak yang hebat.Karena orang hebat terlahir dari anak yang suka membaca.Dengan membaca kita akan membentuk bangsa yang hebat.Maka dari itu kita harus rajin membaca.Agar menjadi ornag hebat dan mengharumkan nama bangsa.
108 raden annisa mizani syafina hamijaya 7E 18 mengajak kita untu rajin membaca,membaca memiliki banyak manfaat.
karena membaca akan membuat kita lebih mudah mencerna informasi,dengan membaca kita memajukan bangsa.
guru-guru hebat rajin membaca,karena itu lah mereka hebat dalam memberikan materi kepada murid.
membaca harus dijadikan hobby agar kita lebih maju,buku adalah gudang ilmu.
109 Rayesha Reyhan R 7E 20 Ayo biasakan membaca. Membaca adalah kunci kesuksesan . Murid yang pandai selalu membaca. Guru yang hebat senang membaca. Bangsa dapat maju karena membaca.
110 Rei Arden Atturiq Darmawan 7E 21 videonya tidak bisa di play
111 Renandya Malicca C 7E 22 Kita harus rajin membaca buku.Jika kita membaca buku,kita akan menjadi pandai.Tokoh-tokoh bangsa pandai karena membaca buku.Di pustaka terdapat berbagai jenis buku,jadi kita lebih baik membaca di pustaka.Kita dapat menambah ilmu dengan membaca.
112 Reno Sabastian Faza Musthafa 7E 23 membaca dapat menjadikan bangsa yang besar, dan juga membaca dapat menambah wawasan kita tentang apa saja.
113 Radinka Mikayla Firmansyah 7E 23 Ayo kita membaca. Guru pintar membaca buku. Murid pintar karena membaca buku. Bangsa maju bangsa membaca. Pemimpin besar pasti membaca.
114 Suhandhikan Pratama Wiradijaya 7E 26 Kita harus rajin membaca.Karena membaca dapat membuat kita lebih pintar.Dan juga dapat menambah kosakata.Membaca juga dapat menambah wawasan.Kalau mau mencapai cita cita kita harus rajin membaca.
115 Sulthan Sagara Abdurrahman 7E 27 Saat kita melihat Video ini . kita bisa melihat bahwa video ini itu adalah sebuah musical video. Musical video artinya itu Video yang melayani Konten Bermusik. Video tersebut juga punya banyak moral. Yaitu , Membaca bisa membuatmu hebat , Orang – Orang yang hebat membaca dan pembaca itu bangsa yang terbaik. Jadi bisa disimpulkan orang-orang yang hebat selalu membaca
116 Alvin Andrianto Irawan 7F 1 Pergilah ke perpustakaan dan mulailah membaca. Karena membaca adalah jendela dunia. Kita bisa pandai jika membaca. Ilmu pengetahuan akan bertambah jika kamu mebaca. Rajinlah membaca agarmasa depanmu menjadi cerah…
117 Alya Hana 7F 2 bangsa yang maju adalah bangsa pembaca, jika kita ingin maju membaca adalah salah satu kuncinya.
118 Anindita Abdiyah Muhsi 7F 3 Murid yang pandai pasti membaca. Guru yang hebat pasti membaca. Pemimpin besar pasti membaca. Maka dari itu, mari kita rajin membaca. Agar bisa menjadi bangsa yang maju.

Jangan malas membaca. Membaca itu menyenangkan. Ayo kita membaca agar menjadi hebat. Jadikan bangsa kita bangsa yang maju. Ayo sama sama jadikan bangsa kita bangsa pembaca.

119 Athalla Raissa Eikla Faizal 7F 4 Membaca memiliki banyak manfaat. Jika ingin sukses kita harus membaca. Sama halnya seperti pahlawan Indonesia yang rajin membaca. Anak-anak cerdas juga karena rajin membaca. Guru untuk membimbing murid-muridnya juga harus membaca.
120 callista aurelia Helmi putri 7F 5 Teruslah membaca agar menambah wawasan dan ilmu
121 Dimas Zaki Maulana 7F 8 Membaca adalah imajinasi terhadap suatu pembaca.Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati.Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan membaca dengan keras.Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan seksama.
122 Faira Fitriyani Djajasasmita 7F 9 Dengan membaca kita bisa menambah wawasan, menjadi pemimpin.
123 Gandhi Mahardika Setiaboedi 7F 10 Kita harus membaca agar tambah pintar. Karena, orang yang pandai karena sering membaca. Dan, orang yang tekun belajar biasanya sering membaca. Agar bangsa Kita maju, Kita harus sering membaca. Karena dengan membaca Kita dapat memperluas pengetahuan Kita.
124 Indhrya Anggaditisha 7F 11 Jika ingin membaca buku yang banyak , lebih baik pergi ke pustaka .Jika kita membaca buku kita akan menjadi pandai. Bangsa kita akan maju jika kita membaca buku. Guru guru sangat pandai karena guru suka membaca buku. Anak anak juga harus membaca buku agar menjadi pandai.
125 Marva Kayana Putra Firdaus 7F 11 Ayo membaca, supaya pandai.supaya hebat. Ayo ke pustaka.
126 Keisha Callista Putri 7F 12 Ayo ke pustaka, murid yang pandai selalu membaca, mari mambaca, bangsa maju adalah bangsa pembaca, guru yang hebat suka membaca.
127 Mohamad Fadelis Jibril 7F 14 Membaca bisa menjadiin kamu pandai dan dapat pengetahuan
128 Muhammad Hilmy Wiratama 7F 15 Membaca membuat kita menjadi pandai, mengapa? Karena di dalam buku terdapat pesan-pesan moral yang bermanfaat. Bahkan buku komik kadang mengandung pesan moral. Pemimpin besar kita saja membaca. Masa kita main gadget terus?

Buku memiliki banyak manfaat. Kalau gadget lama-lama hanya merusak mata. Buku mengandung ilmu dan tidak membuat anggota tubuh rusak. Saya masih penasaran mengapa orang lebih menyukai game online daripada membaca buku.

129 Nadia Tanisha Ariana 7F 16 Kita harus senang membaca agar mendapat ilmu yang lebih berwawasan lagi. Membaca buku cerita juga dapat membuat kita lebih pandai. Manfaat membaca itu adalah kita lebih fasih dalam membaca tulisan,dapat memngembangkan ilmu,dll.Masih banyak sekali anak anak yang kurang membaca.Sisihkan waktu kita untuk membaca
130 Nauvallo Himawan 7F 19 Setiap orang hebat didunia lahir dan membaca. Sama halnya kita, kitapun harus membaca buku. Guru di sekolah mengajar dengan buku, murid juga membaca buku.Buku memiliki informasi tentang semuanya.
131 Raden Raissa Ardine Fakirah 7F 20 pesan moral dari video diatas adalah ajakan untuk membaca. Membaca sangat penting, karena dengan membaca kita bisa menambah wawasan. Pemimpin besar pun pasti senang membaca contohnya adalah Ki Hajar Dewantara. Dan jika ingin sukses pun kita harus rajin membaca. Maka dari itu mari kita rajin membaca.
132 Rasya Raditya Rachman 7F 22 Kita harus sering sering membaca agar menjadi cerdas dan pintar
133 Revany Dealova Soekasno Putri 7F 23 Pesan moralnya adalah kita harus sering membaca. Karena supaya kita pintar. Juga berpengetahuan luas. Membaca juga bisa menjadikan kita orang yang sukses. Dan kita tidak boleh malas membaca.
134 Ronaldo Razki Wargakusumah 7F 24 Maaf pa/bu aku ga pinter bikin yang begini
135 Safira auliya hermawan 7F 26 Kita harus rajin membaca karena guru yang oandai yang rajin membaca.begitu juga dengan muridnya harus rajin membaca.pokoknya kita semua yang ada di muka bumi ini harus membaca.dan di video tadi itu salah satu ajakan membaca.
136 Shafwa Fairus Dramadhiya 7F 27 Isi moral tayangan di atas adalah kita harus sering membaca. Dengan kita terus membaca kita punya banyak ilmu. Kalau ingin menjadi pelajar yang pintar kita harus sering membaca. Dengan membaca juga kita bisa menjadi sukses. Membaca juga bisa membanrkan pola hidup kita yang menjadi baik. Jadi kalu ingin pintar,cerdas,dansukses harus sering membaca.
137 Vivian Sadidah Rachman 7F 28 Membaca itu sangatlah penting . denga membaa kita bisa menjadi pintar dan pandai . karena jika kita tidak membaca , kita tidak segalanya . Dan jika kita membaca kita jadi tau apa yang namanya ilmu pengetahuan dan lainnya. Ayo kita membaca !!
138 Abiel Dzaki Ibrahim 8 Bil-1 1 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
139 Alina Zahra Shazia Hakim 8 Bil-1 2 Dengan membaca, bangsakkit aakan menjadi lebih maju. Dari jaman dahulu, pemimpin-pemimpin besar juga suka membaca. Guru-guru tentunya sering membaca. Murid-murid pun pastinya harus membaca. Dengan membaca, kita bisa menambah ilmu.
140 Alisha Arna Nusyifa 8 Bil-1 3 Guru yang hebat, murid yang pandai, pemimpin besar mereka semua suka membaca. Dari membacalah kita mendapat banyak ilmu. Dari membaca kita bisa memajukan bangsa kita. Dari membaca juga kita bisa mendapat pengetahuan dan wawasan. Dari membaca juga kita dapat mengurangi stress.
141 Althayra Muhammad 8 Bil-1 4 Music video ini menayangkan pentingnya membaca. Bahwa murid yang pandai selalu membaca. Bahwa guru yang hebat adalah pembaca. Bahwa pemimpin negara merupakan pembaca. Membaca itu penting.
142 Bintang Achmad Ghaissan 8 Bil-1 7 membaca 🙂
143 Daffa faza rosada 8 Bil-1 8 Lagu ini berpesan untuk menumbuhkan rasa ingin membaca di Indonesia. Lagu ini juga memberi kesan untuk membuhkan greakan literasi di Indonesia. Psutaka merupakan jendela ilmu. Karena membaca dapat menambahkan ilmu untuk kita. Membaca juga mambantu mengembangkan kreativitas diri.
144 dziya zayyanna tasheen ahmad 8 Bil-1 9 Kita harus sering membaca buku karena buku adalah jendela dunia. Banyak hal positif yang bisa kita dapat dari membaca. Para pemimpin negara kita juga suka membaca, salah satunya adalah Bung Hatta. Bangsa yang maju adalah bangsa yang rakyatnya suka membaca.Murid yang pintar adalah murid yang suka membaca.
145 Faiz Fardhan Kartosudarmo 8 Bil-1 12 Budayakan rajin membaca, karena membaca itu sebuah hal penting yang akan berguna untuk di masa depan nanti. Dengan kita membaca, kita tidak hanta mendapat informasi, tetapi juga mendapat ilmu.
146 Haidar Fatih Muzhaffar 8 Bil-1 13 Kita harus rajin membaca dengan rutin. Banyak orang yang sukses menjadi berhasil karena membaca. Guru merupakan seorang yang sangat penting dalam hidup Kita. Dengan guru, Kita dapat belajar untuk sopan santun, tatakrama, membaca, Dan lain lain. Jadi, Karena guru Kita dapat membaca. Maka, Kita harus selalu menghargai Dan menghormati guru.
147 Keisya Putri Rachmagita 8 Bil-1 14 Bahwa kita harus sering membaca buku. bila kita ingin menjadi siswa yang berprestasi, kita harus sering membaca buku. bahkan para pahlawan jaman dahulu menyisihkan waktu untuk membaca. dan bangsa-bangsa yang maju juga memiliki rakyat yang pandai membaca.
148 Kennis Soleil Sarumpaet 8 Bil-1 15 Kita harus membaca buku agar menambah ilmu. Guru yang baik selalu membaca karena ilmu tidak akan pernah cukup. Bangsa yang maju juga adalah bangsa pembaca. Mari ke pustaka karena banyak buku. Berbaca juga bisa mengembangkan kreatifitas kita.
149 Maura Rachima F 8 Bil-1 17 .
150 Nawla Marva Sufaira 8 Bil-1 23 Membaca mengbanyun karakter yang hebat. Dengan membaca kita dapat mendapat kemampuan bahasa. Begitu juga, membaca juga penting, karena kita bisa mengolah informasi dengan benar. Orang-orang hebat dan sukses pun juga membaca. Oleh karena itu, ayu membaca!.
151 Ryuchi Naiya Kamil Rosadi 8 Bil-1 24 Orang yang baik pasti gemar membaca, jadi kita sebaiknya gemar membaca juga.
152 Shafira Alina Kinasih 8 Bil-1 25 Mereka bilang, buku adalah sihir yang bisa dibawa kemana-mana. Aku setuju dengan mereka, tapi bagiku buku lebih seperti pahlawan yang bisa membantuku kapan aja. Di saat aku butuh penjelasan tentang suatu hal, aku membaca buku terlebih dahulu sebelum bertanya kepada orang lain. Di saat aku mau belajar tentang sesuatu, entah itu buku digital atau ada secara fisik, pasti aku akan membacanya. Makanya, guru menjadi hebat, murid menjadi pandai, dan semua orang dapat menjadi pemimpin besar kalau mereka mau membaca buku.
153 Syareva Reimara Syam 8 Bil-1 26 Semua orang yang berkesan pintar pasti membaca. Guru yang hebat ataupun siswa pandai, mereka pasti selalu membaca. Bahkan, pemimpin yang besar sekalipun pasti membaca. Dan dari itu, bisa dikatakan juga bangsa yang dan akan maju adalah bangsa yang membaca. Oleh karena itu, membaca itu merupakan hal yang sangat penting dan banyak bermanfaat untuk setiap orang.
154 Tasya Salsabila 8 Bil-1 27 Lagu ini mengajak orang-orang yang mendengarnya untuk pergi ke pustaka untuk membaca. Dikarenakan banyak sosok yang hiroik seperti guru, murid, dan pemimpin-pemimpin besar sering membaca. Negara yang maju itu ialah negara yang membaca. Membaca itu dapat mempertambah ilmu pengetahuan. Membaca juga dapat dijadikan hobi yang menyenangkan jika kita membaca hal-hal yang kita suka.
155 Adika silmi ladiansya 8 Bil-2 1 Rajinlah ke pustaka. Ke pustaka untuk membaca. Guru yang hebat suka membaca. Buku adalah sumber ilmu. Buku adalah jendela dunia
156 Alisha Sukma Widyadhana Putri 8 Bil-2 2 Demi memajukan bangsa kita harus membaca. Membaca juga dilakukan oleh para pemimpin besar bangsa. Seperti, Bung Hatta dan Ki Hajar Dewantara. Membaca bisa dilakukan kapan saja dan pergi ke pustaka. Membaca membuat diri menjadi pandai.
157 Alyssa Devina Danadipa 8 Bil-2 3 Mari membaca buku. Guru yang hebat senang membaca. Murid yang pandai selalu membaca. Pemimpin besar pasti membaca. Bangsa yang maju bangsa pembaca.
158 Aniq Nur’azmi S 8 Bil-2 4 Marilah kita membaca.Karena dengan membaca kita dapat menambahkan ilmu kita.Lalu kita juga bisa menjadi pandai dengan membaca.Tidak hanya itu kita menjadi lebih tau untuk belajar hal baru.Jadi marilah membaca agar menambahkan ilmu kita.
159 Azalya Kayla Putri purwanto 8 Bil-2 6 Ajakan membaca karena orang orang yang sukses itu awalnya dari rajin membaca. Dan sebaliknya, dengan membaca bisa membuat orang menjadi sukses. Bangsa yang maju juga bangsa pembaca.
160 Casaluna de Luzia 8 Bil-2 7 Janganlah kita malas untuk membaca. Karena membaca, kita akan mendapat ilmu lebih banyak. Dan, juga kita bisa mendapat pelajaran yang lebih dari buku yang kita baca. Mari kita rajin membaca untuk bangsa kita. Supaya menjadi lebih maju.
161 Farah Amelia Sukma 8 Bil-2 9 Dengan membaca, ilmu kita bertambah. Jika kita berilmu, kita mampu membuat kehidupan lebih baik. Dari mana kita mendapat ilmu? Salah satu caranya adalah dengan membaca. Kalau kita rajin membaca, kita bisa jadi orang berilmu.

Apa bukti kalau membaca membuat kita berilmu? Lihatlah pemimpin-pemimpin yang membuat Indonesia merdeka dahulu. Mereka adalah orang yang senang membaca. Mereka bisa memerdekakan Indonesia dengan membaca. Ilmu yang didapat dari membaca pasti berguna untuk kehidupan.

162 Fathia Rahma Kirana 8 Bil-2 11 Kita harus rajin rajin membaca. Karena dengan membaca pengetahuan kita akan semakin terbuka. Membaca juga akan membawa kita menuju kesuksesan. Selain itu, dengan semakin orang orang yang suka membaca, negara kita akan semakin maju. Maka, ayo membaca.
163 Georgetta Satchel Tallulah 8 Bil-2 13 Mari mulai membaca setiap hari. Banyaknya buku yang dibaca, banyak ilmu yang didapat. Ilmu yang kita peroleh dapat menjadikan kita pemimpin yang baik di masa depan. Bangsa kita akan maju jika para penerus bangsa suka membaca. Ayo kita membaca!
164 Kazio Raban Brano I. 8 Bil-2 14 Jalan untuk Indonesia maju adalah membaca. Membaca akan menciptakan guru hebat. Guru hebat akan menciptakan murid yang pandai dengan membaca. Murid yang hebat nantinya akan menjadi pemimpin yang besar dengan membaca. Dan pemimpin yang besar akan membawa Indonesia maju.
165 Keelia Nafira Ramadhira 8 Bil-2 15 Gemarlah membaca buku, karena dengan membaca buku kita dapat mengetahui banyak hal. kata pepatah “buku adalah jendela dunia”, karena dengan buku kita dapat memperluas wawasan dan menambah ilmu. Bhkan seorang pemimpin atau tokoh dunia sekali pun, mengawali suksesnya dengan membaca. Karena banyak manfaat yang bisa kita lihat selain menambah wawasan dan ilmu, membaca buku juga dapat melatih konsentrasi, dapat menambah kosakata yang belum diketahui, dan meningkatkan daya ingat kita. Untuk menjadi seorang yang yang hebat pun kita harus mempunyai ilmu dan wawasan yang luas kan? Maka dari itu membacalah. Seorang guru yang hebat pun pasti gemar membaca, jadi kita sebagai murid bahkan kita sebagai bangsa Indonesia mari membaca buku, agar dapat seperti mereka yang sukses dan hebat.
166 Made Diasty Kunthi Maharani 8 Bil-2 16 Membaca merupakan kunci kesuksesan. Semua orang bisa menjadi sukses jika mereka mau membaca. Seperti yang di lagu, “Pemimpin besar pasti membaca”. Seorang murid bisa menjadi pandai jika dia mau membaca. Tidak harus selalu membaca buku pelajaran, kita juga bisa mendapat pengetahuan dari buku cerita yang kita baca.
167 Mochammad Veyzha Zhafirreisyah 8 Bil-2 17 kita dapat sukses dengan membaca atau mempelajari informasi/pelajaran yang penting
168 Muhammad Kaisar Raya 8 Bil-2 18 Di dalam video ini, mereka mengajak kita untuk lebih sering membaca. Mereka mendukung kalimat itu dengan mengatakan bahwa guru yang hebat, siswa yang pandai, dan bahkan pahlawan nasional pun senang membaca. Ini masuk akal karena membaca itu sangat penting. Kita dapat meluangkan sedikit dari waktu kita untuk mendapatkan informasi gratis. Kita seharusnya meluangkan lebih banyak waktu dalam membaca buku.Seharusnya lebih banyak orang ikut membaca.
169 Muhammad Trevano Ramsya Rosadinata 8 Bil-2 19 Jadi, pesan moral pada lagu tersebut menjelaskan bahwa kita harus banyak membaca. orang pintar dan pandai berbicara merupakan orang yang suka membaca buku. Di lirik tersebut juga mengatakan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang dimana orang orang suka membaca. bangsa yang maju juga memiliki pemimpin yang cerdas. dan itu juga karena suka membaca.
170 Raihan Faiq Rafi 8 Bil-2 21 Kita harus sering membaca buku. Buku adalah jembatan ilmu. Semua orang sukses membaca buku. Buku sangat bermanfaat. Ayo kita baca buku
171 Seira Putri Septiyasa 8 Bil-2 24 Kita harus rajin membaca buku. Membaca buku adalah jendela. Jika ingin sukses kita tidak boleh malas untuk membaca buku. Jika ingin pandai, rajinlah membaca. Jika ingin sukses, rajinlah menbaca.
172 Tiara Madina Arisetio 8 Bil-2 26 Kita harus rajin membaca sejak dni. Agar, kita bertambah wawasannya, menjadi orang yang lebih berguna, dan menjadi orang yang rajin. Membaca dapat dilakukan di perpustakaan, di rumah, di sekolah, dan tempat yang lainnya. Mungkin suatu saat nanti ilmu yang kita dapatkan dari membaca bisa berguna bagi orang yang tidak tahu akan sesuatu.
173 Wira Faiz Azmi 8 Bil-2 27 Membaca dapat meningkatkan kinerja otak kita. Dengan membaca kita bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda. Dengan membaca, kita bisa membawa negara kita terus maju. Bangsa yang maju adalah bangsa pembaca. Maka dari itu ayo membaca.
174 Allisya Tristan Putri Purnomo 8A 1 Mari kita membaca. Guru yang hebat selalu membaca. Murid yang pandai selalu membaca. Pemimpin besar pasti membaca. Kalau semua membaca akan menjadi bangsa yang maju bangsa pembaca.
175 Althea Levina Erawan 8A 2 Dengan membaca, kita dapat menjadi bangsa pembaca yang maju. Murid yang membaca dapat menjadi pandai. Guru yang membaca adalah guru yang hebat. Para pemimpin besar pun membaca. Dengan membaca, banyak hal baik yang dapat diraih.
176 CELIA CARENICA ALEXANDREA 8A 4 pesan moralnya adalah membcaa memberi hal positif, orang yang berpengaruh di negri kita suka membaca.maka dari itu membaca bisa memberi kita ilmu dan membuat kita menjadi orang yang hebat.maka dari
177 chanity pernique callula 8A 5 pada video itu kita diajarkan untuk menbaca. kita bisa membaca dimana saja. bangsa yang sukses adalah bangsa yang menbaca. pemimpin besar pasti membaca. dengan itu kita bisa menjadi orang sukses
178 Danendra21 Valerian W 8A 6 Bangsa Yg pandai akan Sering membaca. Mulai dari Murid , org tua , dll . perpustakaan Adalah Tempat Membaca . Didalam perpustakaan Terdapat Berbagai buku menarik . Dan akan tenang membaca karena disana tempat yg tidak boleh Berisik
179 Matthew Colin Lie 8A 12 Pesan Moral Yang Saya Dapatkan,Yaitu Kami Harus Membaca. Dengan Membaca (Bisa Lewat Buku,Koran,Majalah,Bahkan Handphone) Kami Tidak Akan Sulit Belajar.Dapat Dilihat Di Video Tersebut Bahwa Semua Membaca. Guru,Murid,Bahkan Pemimpin Besar Membaca. Maka Dari Itu Kami Harus Membaca Supaya Ilmu Membaca Tidak Akan Hilang Serta Memajukan Bangsa Dengan Orang Berilmu.
180 Morteza Muhammad Almuntadzar 8A 14 Membaca penting terhadap kamu. Dari membaca kamu dapat mengetahui berbagai ilmu. Ilmu itu kamu bisa gunakan untuk membantu kamu dan orang lain. MIsalnya
181 Muhammad Dinar Raihan Anargya 8A 15 Kita bisa menjadi pintar dengan membaca. Buku adalah jendela dunia, jadi jika kita membaca kita bisa mengetahui hal hal unik di dunia yang belum kita ketahui. Baca buku tiap hari bisa membuat kita pintar. Seorang pemimpin bisa pintar karena buku yang dibaca nya tiap hari. Begitu juga dengan murid, jika seorang murid membaca buku tiap hari maka dia bisa memiliki pengetahuan luas.
182 Muhammad Fathan Virzali Latief 8A 16 Rajin lah membaca buku
Dalam kehidupan sehari-hari
Karena membaca adalah gudang ilmu
Yang bermanfaat. Yang rajin membaca pasti bisa menjadi pintar dan menjadi seorang pemimpin
183 Nasya Fattiyah Nabila 8A 18 Kita harus rajin membaca agar menjadi anak yang pintar. Untuk menjadi bangsa yang maju, kita harus mau membaca. Siapa tahu dengan membaca kita bisa menjadi orang penting. Dengan membaca, kita bisa mendapat banyak ilmu. Karena untuk menjadi pemimpin besar, pasti senang membaca.
184 Raditya muttaqin 8A 22 Jadi kita sebagai bangsa indonesia harus membaca. Agar kita mendapatkan ilmu dengan membaca. Jadi lihat pemimpin besar pada jaman dulu juga sering membaca. Untuk lebih hebat kita juga harus membaca. Jadi jangan bermalas malasan untuk membaca.
185 Rannisa Kintan Julyandra 8A 23 pesan moral dari tayangan tersebut adalah ,membaca merupakan suatu hal yang berakibat baik dagi setiap orang. membaca bisa membuat kita menjadi seseorang yang berpengaruh bagi orang orang lain. Contohnya tokoh tokoh kebangsaan negara kita ,guru guru kita, pemimpin besar, dan orang orang berprestasi lainnya suka membaca buku . dari membaca buku kita bisa mendapat ilmu dan manjadi murid yang pandai dan berprestasi dan bisa membuat masa depan negara kita yang maju. Maka dari itu marilah kita semua membaca buku agar menjadi pribadi yang hebat dan dapat membantu orang lain juga.
186 Rastiwi Apsari Putri 8A 24 mengajak kita untuk lebih rajin membaca.Dan ke perpustakaan untuk membaca banyak buku.negara yang maju negara yang membaca.guru yang hebat rajin membaca.membaca mendapatkan ilmu yang lebih luas.
187 Tania Janesya Hasan 8A 26 Kita harus sering membaca. Karena dengan membaca kita mendapatkan ilmu yang sangat banyak. Terlebih orang pintar biasanya suka membaca. Tidak hanya menambah ilmu saja, tetapi menambah motivasi. Dan juga bangsa maju adalah bangsa pembaca.
188 Varian Kashira 8A 31 Rajinnlah membaca agar menjadi pandai
189 Aletta Rizky Munira 8C 1 Ayo membaca. Guru yang hebat senang membaca. Dan murid yang pandai karena ia selalu membaca. Pemimpin besar pun pasti membaca. Kita harus selalu membaca karena banyak manfaatnya.
190 Annisa Zahra Hanifah 8C 2 Pesan moral yang saya dapat dari video tersebut adalah : Kita dianjurkan untuk selalu membaca buku. Karena orang yang sukses senang membaca. Dengan membaca juga negara kita akan maju. Murid yang pandai selalu membaca. Guru pandai juga selalu membaca buku
191 Aryangga Fadillah Arham 8C 3 Kita dianjurkan untuk pergi ke perpustakaan. Disana kita membaca buku untuk menambah ilmu. Dikatakan juga bahwa murid yang pandai itu rajin membaca. Guru yang hebat juga rajin membaca. Jadi kita perlu membaca.
192 Audrey Queenara Haribudiman 8C 4 Kita harus membaca buku. Membaca buku adalah kegiatan yang sangat positif. Banyak orang sukses yang gemar membaca buku. Kita harus memajukan pergerakan literasi di Indonesia. Dimulai dari diri kita sendiri. Ayo membaca!
193 Diandra Aria Yufana 8C 7 Membaca sangat penting. Karena membaca juga dapat menghilangkan stress. Membaca juga dapat menambah kosakata baru. Itulah pentingnya membaca.
194 Kayla Aulia Alfariani 8C 8 kita semua harus mencoba membaca. karena membaca itu mempunyai banyak manfaatnya. salah satunya adalah, menambah fokus dan kecerdasan, meningkat kosakata, dapat mengurangi stress, meningkat kualitas memori, dll. Ayo kita membaca agar anak-anak Indonesia menjadi Anak-anak Pintar!!!
195 Khaira Naurisha Bestari 8C 9 Pesan moral yang dapat diambil dari tayangan di atas adalah bahwa kita harus banyak membaca. Membaca dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita. Dengan membaca banyak buku kita juga dapat menambahkan ilmu. Karena apa yang ada di suatu tulisan, mengandung makna masing-masing. Mulailah membaca dengan topik yang disukai sehingga menjadi kebiasaan yang baik.
196 Mochammad Rafi Tribudhi 8C 10 Jika bangsa ingin maju, kita harus rajin membaca. Jika kita ingin pintar, kita harus rajin membaca. Pemimpin yang besar juga pasti rajin membaca. Kita harus rajin ke pustaka untuk membaca. Karena dengan membaca pengetahuan kita akan bertambah.
197 M Zaky Defrian 8C 11 teruslah membaca dan belajar. karena warga indonesia selalu membaca. dari dulu hingga sekaraang kita harus selalu membaca. semakin sering membaca maka pengetahuan kita luas dan pintar
198 Natasya Adelia 8C 16 Kita harus rajin membaca agar berwawasan luas. Guru yang hebat akan rajin membaca akan berwawasan luas, sehingga guru bisa mengajarkan siswa untuk menjadi pandai. Siswa yang berwawasan luas karena membaca akan menjadi pemimpin besar. Pemimpin yang rajin membaca akan memimpin bangsa untuk menjadi bangsa yang maju. Jika ingin menjadi bangsa yang maju, maka kita harus rajin membaca agar berwawasan luas.
199 Nayara Annaba Zalikha 8C 17 Marilah membaca. Membaca buku di perpustakaan. Dengan membaca buku kita bisa memperluas ilmu. Dengan membaca buku juga membuat kita menjadi cerdas. Dan juga dengan membaca buku kita bisa membuat bangsa Indonesia menjadi lebih maju.
200 Rr Seravina Mindi s 8C 18 ,
kita hrs membaca. Karena membaca dpt memperluas wawasan. Dan membaca adalah ilmu dari segala. dan membuat kita meliki ilmu yang banyak .
201 RAFINDRA BHIMA 8C 19 Bahwa kita harus membiasakan diri membaca. Semua orang hebat lahir dari kebiasaan membaca. Sekarang kita sudah diberikan kesempatan untuk bisa membaca dan membaca buku di perpustakaan sekolah dengan gratis, maka harus dipergunakan. Dipergunakan untuk kebaikan masa depan.
202 Raisis Aisha Saputra 8C 20 Semua orang diusahakan membaca agar mendapat ilmu. Orang yang mempunyai ilmu dapat berpikir untuk masa depannya. Dan usaha pun pasti akan dilakukan karena membaca juga membutuhkan usaha. Jika, banyak orang suka membaca maka bangsa kita akan lebih pintar dan memiliki masa depan yang bagus. Membaca adalah hal yang penting untuk dilakukan, mari kita membaca.
203 Raja Ram Edo Tarigan 8C 21 Dalam lagu tersebut memiliki tema yaitu membaca.Selain itu dalam lagu tersebut pun mengajak ke pustaka.Para guru,dan tokoh pemimpin sering membaca buku..Bangsa yang suka membaca,itu juga bangsa yang maju.Murid murid yang pandai pun gemar membaca.
204 Rhayyhan budhi pramadhi 8C 22 mari membaca.supaya pintar.dan menjadi bangsa mJU.membaca di pustaka.supaya tennag.
205 Rhean Darma 8C 23 Kita harus sering membaca agar pintar. Pemimpin-pemimpin kita pasti membaca. Kita harus berusaha untuk menjadi bangsa yang maju. Kita harus sering membaca karena buku adalah sumber ilmu. Orang-orang sukses pasti rajin membaca.
206 Saskia Nabila Suparjan 8C 24 Mengajak kita untung ke pustaka, yang terdapat banyak sekali buku. Seberapa penting orang itu harus membaca. Ingin menjadi pemimpin negara harus membaca. Setelah membaca kita jadi tau semuanya, buku adalah gudang ilmu. Dari kecil kita harus membiasakan membaca
207 Sheika Zafira 8C 25 Kita harus rajin membaca. Kita bisa membaca dimana saja, baik rumah, sekolah atau perpustakaan. Dengan membaca kita akan menjadi lebih pandai. Membaca juga bisa menambah ilmu. Dengan kita rajin membaca bangsa kita akan menjadi lebih maju.
208 stacia cleodora davina 8C 26 Pesannya yaitu mengajak tentang membaca. Agar pintar dan sukses kedepannya. Kesuksean dimulai dari rajin membaca. Di pustaka kita dapat membaca. Di pustaka lumayan lengkap bukunya.
209 Verrell Vajendra Vinandaputra 8C 27 kita harus selalu membaca.Karena agara membanggakan guru dan orang tua.guru juga senang kalo kita rajin membaca .karena membaca akan dapat banyak ilmunya.dari membaca ilmu kita akan luas
210 Aisah Nadira P 8D 1 Ayo kita membaca. Ayo kita ke perpustakaan. Orang yg banyak membaca lebih mempunyai banyak ilmu. Bangsa yg maju banyak membaca. Petinggi juga banyak membaca.
211 akmal pratama ramadhan 8D 2 kita semuah harus tetap saling membaca karena membaca harus tetap harus di lestarikan,karena membaca membuat
212 Alisha Nindya Pradani 8D 3 Pesan moral pada vidio diatas adalah membaca membuat banyak manfaat. Guru yang hebat senang membaca. Murid yang pandai selalu membaca. Karena dengan mmenaca kita daoat memperluas pengetahuan kita.
213 Alvin Muhammad Fauzan 8D 4 Pergilah ke perpusatakaan. Di perpustakaan mulailah membaca. Dengan membaca kamu dapat meraih prestasi dengan mudah. Zaman dahulu pun pahlawan kita selalu membaca. Oleh karena itu ayo membaca.
214 ALIMALAKA 8D 5 di video tersebut menceritakan kalo membaca itu sangat penting akan dapat banyak sekali ilmu dari buku yang sudah kita baca jadik membaca buku itu di jaman sekarang itu masih sangat penting
215 Alya Azzahra Maharani 8D 6 kita harus rajin membaca agar menjadi pintar, dengan adanya membaca, ilmu pengetahuan kita semakin luas, gampang untuk berkomunikasi dengan orang asing. orang membaca akan menjadi lebih pintar
216 Ardelia Shafina 8D 7 Membaca, satu kegiatan yang akan berpengaruh baik kepada setiap orang. Orang-orang yang suka membaca adalah orang-orang pandai. Dengan membaca, kita bisa saja menjadi orang yang berpengaruh di Indonesia. Tanpa membaca, kita tidak akan mendapat informasi, ilmu, maupun lainnya. Maka dari itu mari kita rajin membaca untuk masa depan yang lebih cerah.
217 Azkia Chaerunnisa 8D 9 Pesan moralnya :

Dengan kita selalu membaca, kita pasti mengetahui banyak hal. Dan dengan membaca, kita bisa mempunyai wawasan yang luas juga ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, membaca sangat penting karena bisa membuat kita tahu tentang sesuatu. Ataupun bisa membuat kita mengimajinasikan apa yang kita baca. Lalu, tentu untuk mencapai impian kita harus sering-sering membaca agar banyak ilmu.

218 Inggit Ali Nurnabila 8D 11 Pesan moral yang saya dapat yaitu kita harus rajin membaca karena membaca merupakan kunci segalanya. Salah satunya pada lirik “bangsa yang maju bangsa pembaca”, lirik tersebut mengartikan jika kita rajin membaja kita dapat terus maju. Membaca juga bermanfaat, dengan kita membaca kita mendapatkan ilmu. Selain itu, jika kita rajin membaca kita juga dapat menjadi murid yang pandai. Jadi kesimpulannya, kita harus rajin membaca agar kita pandai dan menjadi bangsa yang maju.
219 Bima Prakasa Setiawanda 8D 11 Kita harus membaca agar menambah wawasan ilmu. Tidak hanya menambah wawasan ilmu, membaca dapat memaju pergerakan bangsa tanah air. Bentuk cerita harus menarik agar mudah dibaca. Isi buku mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa di dalam buku lugas.
220 Dwiki putra nurcahyo 8D 12 membaca adalah jabatan ilmu, dengan membaca kita dapat mencapai tujuan yang ingin kita capai
221 Gde Sathya Dhanuaga 8D 13 Untuk sukses kita harus rajin membaca.
222 I Gusti Bagus Reuben Kitaro S. 8D 14 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
223 Kayla Rahmadina 8D 15 Membaca memiliki banyak manfaat. Semua orang sukses pasti bisa sukses karena membaca. Negara yang besar pasti dikarenakan rakyatnya rajin membaca. Guru hebat pun karena membaca. Oleh karena itu kita harus selalu rajin membaca.
224 Nadira Alaya Iman Y 8D 16 Membaca adalah aktivitas yang sehat. Karena orang yang pandai sering membaca. Membaca membantu otak kita untuk bekerja lebih lancar. Membaca membuat kita tidak bermalas malasan. Membaca juga baik untuk kesehatan mata.
225 Keona Azkiya Putri Permadhi 8D 16 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
226 Marsya Azura Aulia S. 8D 17 Membaca buku memberi manfaat dan sangat berdampak pada kehidupan kita sehari hari, membaca buku dapat menambah wawasan kita.
227 Maura Hadisti 8D 18 Kita harus membaca. Dengan membaca kita bisa mendapat ilmu. Buku adalah jendela ilmu. Guru, murid, dan profesi lainnya bisa pintar dan mendapat ilmu karena rajin membaca buku dan belajar. Membaca buku bisa dimana saja, dan tidak cuma bisa sekali membaca
228 Nafeesa Astikaswari Putri Sanwani 8D 19 Video tersebut merupakan video ajakan untuk membaca. Dalam video tersebut, disenutkan manfat dari membaca. Membaca menjadi salah satu kunci dalam kesuksesan. Membaca tidak hanya untuk murid, tetapi untuk seluruh kalangan. Semua orang dapat menjadi hebat/orang yang besar, jika diawali dengan membaca.
229 Nisrina Shafiyyah Haripuspita 8D 20 Pesan moral dari video diatas adalah kita harus mau membaca bila mau sukses.Contohnya seperti guru yang cerdas harus sering dan mau membaca.Mau jadi Pemimpin seperti Bung Hatta juga harus rajin membaca.Siswa yang cerdas juga harus rajin membaca.Jadi kita harus membaca agar menjadi sukses.
230 Rayza Ganindya Yunarsyah 8D 21 Kita harus pandai membaca, agar bisa menjadi pandai. Kita bisa membaca dimana saja seperti di pustaka,dirumah dan sekolah. Membaca bisa memanbantu demi masa depan agar kita menjadi sukses. Banyak para pahlawan yang sukses karena gemar membaca yang sangat berpengaruh. Gemar membaca harus dimulai dari kecil.
231 Rasya Putra Hanif Soewargana 8D 23 Lagu itu menceritakan tentang membaca.Guru dan murid yang hebat sering membaca.Pahlawan besar juga membaca.Bangsa maju pasti membaca buku.Maka dari itu kita harus ke perpustakaan dan membaca.
232 Venaya Zalfaa Varisa 8D 25 kita harus rajin membaca. Bangsa indonesia bisa semakin maju dengan kita rajin membaca. Dengan membaca kita bisa menjadi orang yang hebat seperti guru. Murid pun bisa menjadi pandai bila terus membaca. Seorang pemimpin besar pun selalu membaca buku.
233 Wildan Hakim Vilia 8D 26 Video tersebut mengajarkan kita bahwa untuk membaca.Membaca membuat kita menjadi pandai.Guru guru yang hebat senang membaca.dengan membaca membuat murid menjadi pandai. Dengan membaca membuat bangsa menjadi maju.
234 Ahmad Maulana Irsyad 8E 2 Pesan moral yang ada di video diatas adalah, kita harus rajin membaca. Kita harus rajin membaca buku karena buku adalah jendela dunia. Kita membaca buku agar wawasan kita luas. Kita membaca buku agar tidak mudah ditipu orang.
235 Aisah Fitria R 8E 3 pesan moralnya adalah kita harus selalu membaca. ketika kita ingin menjadi guru yang hebat,murid yang pandai, dan pemimpin kita harus suka membaca. Karena buku adalah jendela dunia. Ayo ke pustaka untuk membaca buku. agar kita jadi tau segala hal.
236 Aisah Fitria R 8E 3 pesan moralnya adalah kita harus selalu membaca. ketika kita ingin menjadi guru yang hebat,murid yang pandai, dan pemimpin kita harus suka membaca. Karena buku adalah jendela dunia. Ayo ke pustaka untuk membaca buku. agar kita jadi tau segala hal.
237 ardisa kanani amanna 8E 5 agar ingin maju atau pintar kita harus rajin membaca. karena guru, siswa yang pintar, pemimpin dan lain lain pun sukses karena dengan membaca. dengan membaca buku kita dapat mengembangkan ilmu. Membaca adalah kegiatan umum yang sering dilakukan oleh hampir semua orang di dunia ini, karena membaca merupakan kegiatan yang paling murah dan mudah dilakukan. Apalagi untuk kalangan pelajar, dapat dikatakan membaca merupakan aktivitas utama.Manfaat dari membaca sangatlah banyak diantaranya meningkatkan pengetahuan dan pengalaman seseorang. Melalui membaca itulah seseorang belajar berimajinasi sehingga terkadang seseorang mendapatkan ide-ide cemerlang yang kreatif dan inovatif untuk belajar, berusaha, maupun mengembangkan usahanya.
238 Bunga ayunda putri andini 8E 6 Ayo kita ke perpustakaan. Ayo kita rajin membaca agar menjadi negara yang maju. Kita membaca agar kita pintar. Dari membaca kita bisa menambah ilmu. Maka ayo kita rajin membaca.
239 Davina alyadilla 8E 7 kita harus membaca. Karena membaca dapat menambah wawasan kita. Kita juga kalau membaca tidak akan rugu. Kita membaca dapat memperluas ilmu. Dengan begitu kita harus sering membaca.
240 Deralgy Andika Putra 8E 8 Tentang suruhan membaca karena memebaca dapat membuat seseorang mendapatkan ilmu baru dan bermanfaat.Serta membaca juga dapat meningkatkan kreativitas seseorang.
241 Fachri Rabinra Akbar 8E 10 pesan dari video tersebut adalah membaca termasuk kegiatan yang membantu kehidupan sehari hari di manapun. Jika kita membaca, maka kita bisa menjawab pertanyaan pertanyaan orang.
242 Latisya Aurelly 8E 12 Pesan yang bisa kita dapatkan adalah untuk rajin membaca. Jika kita suka membaca bangsa kita akan semakin maju. Dengan membaca kita mendapatkan ilmu yang banyak. Membaca juga akan membuat kita menjadi lebih cerdas dan pintar. Jadi tidak rugi jika kita membaca.
243 Majid Krisxavier Medina 8E 14 Kita harus sering mambaca. Karena, jika kita sering membaca kita akan bertambah ilmunya. Kita harus lebih sering ke perpustakaan dan membaca. Jika bangsa Indonesia lebih sering membaca, maka bangsa indoneia seharusnya lebih maju.
244 Medina Rahma Falisha Wibowo 8E 15 Ayo kita membaca untuk menambah ilmu ilmu yang belum kita ketahui. Membaca banyak manfaatnya lohh. Salah satunya adalah bisa mengurangi stress, dll. Membaca juga bisa membuat kita lebih dekat dengan keluarga, misalnya kita yang mendengarkan ibu kita membacakan cerita bisa membuat kita dan ibu lebih dekat. Membaca juga bisa buat kita lebih gampang mengenali tentang dunia.
245 medina septiara hakim 8E 16 pesan moral yang bisa diambil dari lagu diatas adalah membaca bukanlah hal yang susah dilakukan tetapi mudah untuk dilakukan. membaca bisa membuat kita pandai rajin,dll. membaca juga bisa membuat kita menjadi orang yang sukses. tidak ada ruginya membaca maka dari itu AYO MEMBACA!!.
246 Dzakwan Farisi 8E 18 kita itu kalau tidak melakukan apa kita itu bisa membaca kalau lagi males
247 Muhammad Hasyim Rasyid Asytari 8E 19 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para tokoh bangsa harus membaca agar membuat negaranya kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Mari kita membaca supaya bisa menjadi orang yang sukses dan bangsa yang maju.
248 Nandana Aristo N. 8E 21 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus selalu membaca. karena, membaca banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa selalu membaca sehingga dapat membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju dan kita dapat lebih cerdas.
249 Ranya shaaziya b 8E 23 Indonesia menempati urutan ke-17 dari 30 negara.Kita harus banyak membaca agar bangsa kita menjadi bangsa yang maju.Dan juga menempati urutan yang pertama dalam literasi.Lagu ini juga memgajak kita untuk membaca agar menjadi orang hebat dan pandai
250 Seka Nabila 8E 25 Kita harus banyak membaca karena membaca itu jembatan ilmu & kalau kita sering membaca , maka kita akan menjadi pintar, berwawasan, dan sebaliknya kalau kita malas membaca buku, maka kita akan menjadi orang bodoh, dan tidak berwawasan.
Bangsa yang maju adalah bangsa yang rakyatnya gemar membaca. Karena dengan membaca banyak ilmu yg didapat untuk membangun bangsa.
251 Zavier Arya Winata 8E 26 Pesan moral yang terdapat adalah jika kamu ingin menjadi sukses maka kamu harus rajin membaca
252 Anugrah Anazaly 8F 2 membaca dapat membantu untuk menambah wawasan kita tentang apa yg kita belum ketahui
253 Avicena Akbar 8F 3 Dengan membaca, pengetahuan kita akan bertambah, dengan gemar membaca menjadikan manusia yang berkualitas di masa depan. Saat awal mengenal tulisan kita belajar dengan membaca baik berupa gambar benda dengan warna cerah beserta nama benda tersebut. Membaca harus mulai dikuasai anak sejak dini, karena membaca hingga tua pun banyak manfaatnya. Pengetahuan dan manfaat dari membaca tidak akan ada habisnya. Mari tanamkan gemar membaca, membaca adalah jendela dunia !
254 Dwi Khalila Nibras Muthmainnah 8F 4 Pesan moral yang bisa ku dapatkan dari tayangan diatas adalah bahwa kita harus selalu membaca buku agar bangsa lebih maju. Dengan membaca buku, kita bisa menjadi lebih pandai dalam segala hal. Hal tersebut karena dengan membaca buku, kita mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat. Jika kita pintar negara Indonesia tidak mudah dijajah oleh bangsa lain. Jadi kesimpulannya, kita harus rajin membaca untuk masa depan yang lebih cerah.
255 Dyota Reginald 8F 5 lagu ini ngajak kita baca. walaupun 70% pendengar lagu ini pasti ga baca tapi saya salut si bapak2nya masih tetap nyanyi. lagu ini juga mengajak kita ke perpustakaan. diasana juga disebutkan anak hebat harus membaca. jadi org2 pasti bakal baca dong kalo di puji kayak begitu
256 Ardel Ahmad Sulaeman 8F 5 Kita harus selalu membaca kalau bisa ke perpustakaan karena disana fasilitas lengkap.
257 Farash Selena Rustan 8F 6 Menurut saya pesan moral pada tayangan diatas adalah membaca itu sangat penting, karena bisa banyak akan hal hal baru yang kita baru ketahui, apapun itu. Membaca akan membuka peluang kita untuk menyerap sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan. Membaca juga termasuk kunci kepintaran. Membaca apapun itu bisa menambah wawasan dan imajinasi bagi kita. Membaca buku jendela kepintaran bagi kehidupan.
258 Harley ruben 8F 7 Kita harus rajin membaca agar menjadi orang yang pandai.Kita juga harus mencontoh pahlawan yang sering membaca.dan kita harus menjadi anak yang bisa membantu sesama orang.juga kita harus melawan rasa malas untuk membaca buku pengetahuan.dan terakhir kita harus bisa membanggakan orangtua
259 Kayla Shafyanisha 8F 8 Kita semua harus gemar membaca karena pemimpin ,orang-orang yang sukses diawali dengan membaca.Bangsa yang maju adalah bangsa yang suka membaca karena dengan membaca kita dapat mendapat ilmu yang banyak.
260 Maia Amira Dewi 8F 10 Ayo ke pustaka, untuk membaca. Karena dari membaca kita bisa pintar. Guru yang hebat juga membaca. Pemimpin besar pandai karena sering membaca. Bangsa yang maju adalah bangsa pembaca.
261 Muhammad Hasya Nurhuda 8F 12 Kita harus sering membaca buku. Buku adalah jendela dunia. Membaca adalah jembatan ilmu. Dengan membaca kita bisa mendapat ilmu yang lebih banyak. Dan dengan membaca kita bisa membangun bangsa yang lebih baik.
262 Muhammad Raoul Moria 8F 14 Kita semua harus selalu membaca.Pendiri pendiri negara harus membaca buku agar negaranya kuat.Ajak semua orang untuk membaca.Karena bangsa yang maju bangsa pembaca.Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya.
263 Nabil Akbar Jaya Annaafi 8F 15 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
264 Razita Asya G 8F 18 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
265 Raziv Athalla T 8F 19 Kita harus rajin membaca agar pintar.jika ada orang yang sedang kesusahan kita harus membantunya.Jika kita rajin membaca bangsa ini akan maju.Kita jangan lupa pergi ke pustaka untuk mrmbaca buku.Dan jangan lupa untuk tolong menolong sesama manusia
266 Rehana Qatrunada Nishanti 8F 20 Bahwa membaca itu sangat penting dan berguna. Dari pemimpin besar hingga murid pasti selalu ada yang membaca. Membaca bukan kegiatan yang sulit, dan hampir setiap semua orang bisa melakukannya. Luangkan waktumu untuk pergi ke perpustakaan untuk membaca. Juga ajak temanmu dan orang yang dekat untuk melestarikan kegiatan literasi.
267 Ryu Ibrahim Faried 8F 22 Orang yang pandai adalah orang yang ingin meluangkan waktunya untuk membaca. Karena membaca kita mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Kita dapat membaca buku dimana saja, seperti di rumah dan perpustakaan. Membaca tidak memandang usia, mau usianya masi kecil, bahkan dewasa itu tidak masalah. Maka dari itu, video tersebut mengajarkan kita untuk tetap membaca.
268 selma saviro 8F 23 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
269 Teuku Muhammad Rafsanjani 8F 25 Pesan moralnya adalah kita harus membaca.Karena dengan membaca kita bisa mengetahui ilmu-ilmu.ilmunya seperti informasi kemudian pelajaran dan lain-lain.ingat ! Buku adalah jendela ilmu.kalian bisa menjumpai banyak buku di perpustakaan.
270 Abigail Ilona Nelwan 8G 1 pesan moral dari vidio yang di atas itu adalah bahwa kita itu harus pergi ke pustaka. lalu kita membaca. karena guru, murid yang pandai, pemimpin besar itu selalu membaca. dan guru, murid yang pandai dan juga pemimpin besar iru bisa menjadi cotoh bagi kita. menjadi contoh agar kita giat membaca.
271 Abyan Ahmad Baihaqi 8G 2 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
272 Adisti Raina Adriani 8G 4 Kita semua harus membaca. Murid dan guru pun harus rajin membaca. Bahkan pemimpin bangsa pun membaca. Kita harus membaca agar kita pintar dan demi kepentingan bangsa
273 Agnelia Chloe Maulana 8G 5 Kita bisa menjadi pandai jika kita sering membaca. Semakin banyak kita membaca di masa depan kita bisa menjadi sukses. Guru yang berkerja keras sering membaca. Murid yang banyak Baca pandai. Dan orang orang sukses suka membaca.
274 ardea devin mahendra 8G 6 pesan moral yang saya dapat yaitu kita harus sering membaca.Kenapa harus sering membaca? karena membaca dapat menambah wawasan.Kita juga jadi mengetahui apa yang belum kita ketahui.Kita bisa menjadi pemimpin besar,guru, atau yang lain karena wawasan kita yang luas
275 Ashilla Fadya Saddiqa 8G 8 Seperti yang orang-orang bilang, membaca adalah hal yang bisa menambah ilmu.Selain itu juga, membaca bisa meningkatkan kreatifitas.Sebenernya, membaca harus dibiasakan dari kecil.Semakin kita sering membaca, semakin banyak hal yang kita pelajari.Ayo membaca agar bisa maju.
276 Haiqa Camilla .Y.R 8G 11 Kita semua harus selalu membaca. Kita harus membaca itu karena banyak manfaatnya. Para pendiri – pendiri bangsa harus membaca agar membuat negara yang kuat. Dan bangsa yang maju pun itu adalah bangsa yang selalu membaca. Maka kita pun harus membaca agar kita lebih maju demi kita diri sendiri dan negara.
277 Inara Alisha Kusumapatra 8G 12 Kita harus senang membaca. Karena dengan membaca, banyak ilmu yang bisa kita ambil dari bacaan kita. Mau berapapun umur kita mau apapun profesi kita, kita tetap harus membaca. Dengan membaca kita bisa menjadi pandai. Dengan membaca juga kita bisa menjadi sukses di masa depan.
278 Karina Alyshia Candrawati 8G 13 Kita harus selalu rajin membaca. Karena membaca banyak sekali manfaatnya. Kita harus membaca buku yang kita suka. Dengan membaca buku yang kita suka, kita bisa membaca buku yang lebih banyak lagi. Kita tidak boleh lupa dengan membaca.
279 Kayla Devina Helmi Putri 8G 14 Unt
280 Kinaura Anavatri Virgana 8G 15 Membaca itu sangat banyak mafaatnya. Bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak, DLL. Marilah kita sering mengunjungi perpustakaan. Karna ada banyak pilihan buku yang bisa kita baca. Semakin banyak membaca semakin maju negara ini.
281 Muhammad Rizky Pasya Arifin 8G 20 dengan membaca, kita dapat mempelajari banyak hal, dengan membaca, kita bisa mudah untuk menghafalkan suatu pelajaran, dengan membaca, kita bisa jadi bangsa yang maju, itulah pentingnya membaca.
282 Radya isra nugraha 8G 22 pesan moral dari video tersebut adalah kita semua harus rajin membaca. karena semua yang pandai dan pintar pasti karena membaca. contohnya seperti guru-guru, murid-murid, dan juga moh. Hatta, dan juga ki hajar dewantara. maka dari itu kita harus meluangkan waktu kita sebagai pembaca
283 Rafif Pramatya Radina 8G 23 Membaca buku itu jendela pengetahuan. Sehingga guru itu bisa hebat asalkan guru tersebut rajin membaca. Sama halnya jika kita mau pandai dan mau hebat kita harus rajin membaca. Pembinbing besar kita juga hebat karena membaca. Jadi membaca itu sangatlah bagus dan banyak untungnya karena dengan membaca buku kita bisa mendapat banyak hal bermanfaat
284 Rasya ciello dinata 8G 24 Semua orang sukses adalah orang yang suka membaca.Karena membaca sangat penting bagi bangsa ini.Jika kita ingin sukses perbanyaklah buku yang dibaca karena semua orang dapat sukses melalui membaca.Bung hatta, ki hadjar dewantara adalah tokoh tokoh yang rajin membaca.Karena dari membaca kita akan mendapatkan ilmu
285 Seinjiro Reyspati Alfahd 8G 25 Jadikan lah membaca sebagai sumber ilmu,dan kita harus membaca sebagai kewajiban,karena membaca itu tidak ada ruginya,dan semua orang sukses pasti awalnya dari membaca,kita harus membaca karena membaca adalah sumber ilmu.
286 Taqi Kalamka Rafif 8G 26 Membaca itu sangat penting bagi bangsa ini. Semua orang yang sukses adalah orang yang sering membaca. JIka kita ingin sukses maka perbanyaklah buku yang dibaca karena semua orang dapat sukses melalui membaca. Bung Hatta, Ki hadjar dewantara adalah tokoh-tokoh yang rajin dalam membaca. Karena dari membaca kita dapat ilmu yang banyak.
287 Khayara Nayla Putri Permadhi 9 Bil-1 20 Kita harus meningkatkan minat kita untuk membaca buku. Membaca buku sangat bermanfaat untuk memperluas pengetahuan kita. Gemar membaca tidak hanya diperkenankan untuk para siswa dan siswi namun untuk semua orang di semua kalangan umur. Sebagai inspirasi, para tokoh pemimpin yang hebat pasti gemar membaca, sepert Moh Hatta dan Ki Hajar Dewantara. Oleh karena itu, apabila kita ingin seperti mereka, kita harus meningkatkan minat membaca kita.
288 Ahmad Salaadin Whk 9A 1 murid yang cerdik suka membaca. maka dari itu rajin membaca untuk mendapat ilmu “terbaik”. bangsa yang maju juga suka membaca sehingga rajinlah membaca. bahkan bung hatta suka membaca. ayo membaca.
289 Ameera Mohammad 9A 2 ayo membaca karena membaca menambah ilmu
290 Arif Rahmansyah Putra 9A 4 ayo ke pustaka untuk membaca. membaca nanti dapat ilmu. baca buku dapat ilmu. tokoh tokoh besar suka membaca buku. membaca buku bisa jadi pintar
291 Arif Rahmansyah Putra 9A 4 ayo ke pustaka untuk membaca. membaca nanti dapat ilmu. baca buku dapat ilmu. tokoh tokoh besar suka membaca buku. membaca buku bisa jadi pintar
292 Brahmandito Danisworo Sasoko 9A 9 Marilah kita membaca karena Guru yang pintar selau membaca . Kita sebagai murid harus selalu membaca . Bahkan pemimpin hebat suka membaca . Jadi marilah kita ke pustaka untuk membaca . Agar bangsa kita maju karena membaca
293 Briano Pandianie 9A 10 baca, baca buku karena membaca rupanya membuat Anda pintar. wow, itu benar-benar bagus dan semuanya tapi kita agak lupa bahwa kami membaca tanpa sadar. jadi hal semacam ini membuat Anda bertanya “baca apa?” sebagai gantinya. Hanya karena Anda pergi ke perpustakaan tidak berarti Anda akan menjadi lebih pintar, itu hanya berarti Anda berteman dengan pustakawan yang kesepian yang terus melakukan “ssh” setiap kali ada suara. ini secara keseluruhan cukup kabur dan tidak benar-benar melukis banyak detail, tunggu saya baru saja
mengoceh dan keluar dari topik, meh, saya tidak terlalu peduli
294 Varian Kashira 9A 10 Perpustakaan tempat kita menuju kebahagiaan
295 Faliza Nezalya Azizah 9A 14 membaca itu penting bisa menambah pemahaman diri kita sendiri.
296 Keisha Danish Nayyara 9A 17 Mengajak orang orang untuk membaca dan ke perpustakaan karena membaca itu penting, membaca itu dibutuhkan oleh semua orang bahkan para pemimpin pun tetap membaca, walapun mereka sudah pintar mereka tetap membaca
297 Khalisha Firdania Rolansyah 9A 18 Tayang tersebut mengajak kita untuk ke perpusatakaan. Kita bisa membaca banyak buku di perpustakaan. Bila kita senang membaca buku, kita akan menjadi pintar. Agar masyarakat Indonesia senang membaca Perpustakaan Nasional RI membuat video sebagai media untuk mengajak membaca.Mari kita tanamkan sikap senang membaca
298 Mahartri Sadira 9A 21 Video tersebut mengajak kita untuk membaca dan menulis. Membaca sangat penting bagi kita agar menambah ilmu dan pengetahuan. Selain menambah ilmu dan pengetahuan menbaca dan menulis jg dapat membuat kita rajin. Dengan melihat video banyak orang yang termotivasi untuk suka membaca.Video itu mengandung isi yang sangat penting bagi kita penerus bangsa
299 Puan Yasyfa Syaharidha 9A 25 Pesan moral dari video dia atas adalah untuk rajin membaca.Karena sehebat-hebatnya orang pasti latar belakangnya rajin membaca.Membaca juga selalu diwajibkan setiap pagi disekolah.Membaca juga tidak hanya membaca buku pelajaran, melainkan Buku apa saja seperti novel fiksi, novel nonfiksi,komik,pengetahuan umum dan banyak lagi.Maka dari itu kita harus rajin membaca agar mempunyai wawasan yang luas.
300 Aulia Aghna Z 9B 7 Marilah kita membaca. Kita membaca agar sukses dan menambah wawasan.Orang orang hebat selalu membaca. Kita bisa menjadi orang hebat dengan selalu membaca menambah wawasan.Maka marilah sering membaca.
301 Hardyan Widiyahutomo Djarwoto 9B 10 Membaca merupakan sebuah aktivitas berupa melafalkan/mengeja sebuah tulisan. Membaca bertujuan untuk mendapatkan informasi dari buku/bacaan tersebut. Dengan membaca kita dapat memperluas pengetahuan dan membuat otak berkembang. Maka membaca itu sangat berguna, jika kita tidak membaca maka kita tidak akan mengetahui apa apa. Jika kita membaca maka kita akan pandai.
302 M.Rizky.Aulia 9B 15 menurut saya pesan moral di dalam video tersebut adalah jika kita ingin menjadi guru, pemimpin, orang pintar kita harus sering membaca. kita juga harus saling menghargai dan daling mengapresiasi satu sama lain.
303 Mochamad Adhitiansyah 9B 16 Kita harus sering membaca. karena membaca bangsa kita maju . Dan kita harus sering ke pustaka Untuk membaca
304 Muhammad adidarma prawira sudirman 9B 17 Pesan moral yang bisa diakbil dari tayang di atas tersebut adalah Marilah kita biasakan membaca atau pergi ke pustaka.Karena kita bisa sukses dan maju hanya karena membaca.Membaca bisa membangun karakter diri kita sendiri agar lebih baik.Dan juga membaca adalah cara kita menimba ilmu.Dengan hanya itu kita bisa membangun bangsa Indonesia lebih maju
305 Musa Faza Kautsar 9B 18 Pesan moral dari video di atas adalah jika rajin membaca, hasilnya akan lebih besar daripada yang lain. Semua pemimpin besar, guru yang hebat, dan murid yang pandai sudah pasti suka membaca. Walaupun terlihat lambat, lama, dan sulit prosesnya, pada akhirnya nilai-nilai dari membaca bisa diterapkan di sekolah, kerja, dan kehidupan. Jika rajin membaca ketika sekolah, nilai pelajaran akan lebih tinggi daripada murid yang lain yang tidak suka membaca. Jika rajin membaca ketika kerja, sifat kerja keras dari rajin membaca pasti diterapkan di kerja sehingga bisa dapat bonus, promotion, bahkan gajinya bisa dibesarkan. Jika rajin membaca di kehidupan, maka semua pelajaran dari membaca juga bisa diterapkan sehingga bisa membuat kehidupan nyaman, baik, dan berpengalaman.
306 Nadhiara Nefti P 9B 19 murid yg pintar adalah murid yang suka membaca. jadi agar kita pintar kita hrs membaca. buku adalah jendela dunia. dengan membaca kita dapat memperoleh pelajaran baru dan informasi baru. dan pemimpin besar juga membaca.
307 Neal Davincent Wijaya 9B 22 Di sini kita belajar bahwa kita harus sering membaca. Dengan membaca kita menambah wawasan dan semakin pintar. Tokoh Indonesia pun pasti suka membaca karena jika tidak membaca mereka tidak bisa melawan penjajah. Dengan membaca kita pandai dan berwawasan jika jadi ingin murid yang pandai kita harus sering membaca. Maka dari itu jangan lupa mrmbaca setiap hari.
308 Rania Khadija Asseggaf 9B 24 Pesan yang saya bisa dapatkan adalah banyak orang menyukai buku. Orang orang yang pintar membaca buku dan menyukainya. Jadi jika ingin mengurangi perasaan yang bosan, bisa membaca buku. Dan juga sambil/dengan mengetahui hal hal yang baru. Bangga dengan hal hal yang membuatmu senang seperti mereka yang membuat lagu tentang membaca buku.
309 Raya almersal sevier 9B 25 Janganlah kita malas membaca buku
310 Satrio Iswarapandya M 9B 28 Buku adalah Jendela ilmu karena itu sering-seringlah baca buku untuk mendapatkan ilmu
311 tubagus rezvan 9B 30 kita harus membaca agar bangsa kita bisa maju dan bisa menjadi lebih pandai dalam pelajaran dan kehidupan sendiri.
312 Garvin Triyasykur prasetya 9C 9 Seorang guru yg bernyanyi bersama sama. Dia yg selalu bersemangat dalam keadaan apapun. Selalu membimbing kita.guru itu selalu sabar dalam menghadapi kita. Pokonya guru itu hebat
313 Ibrahim Ikhsan D 9C 13 Pesan moral yang saya dapatkan dari menonton video tersebut adalah bahwa kita harus suka dan cinta membaca buku. kita harus suka dan cinta membaca buku karena buku bisa menambah ilmu kita dan membuat kita menjadi generasi muda yang lebih pandai. Kita juga bisa pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku dan membaca buku yang dapat memberikan kita ilmu tambahan selain dari sekolah. Membaca buku dan pergi ke perpustakaan pun bisa membuat bangsa indonesia maju karena bangsa yang maju adalah bangsa dengan masyarakatnya yang suka membaca. Karena itu lah banyak sekali tokoh Indonesia yang memajukan bangsa karena mereka suka membaca buku.
314 Amara Larasati 9D 1 Orang yang suka membaca pasti akan menjadi pintar. Orang yang suka membaca akan lebih mengetahui banyak pengetahuan, karena di buku lah sumber pengetahuan. Selain pintar, orang yang suka membaca akan bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik. Mereka akan lebih peka terhadap lingkungannya. Dengan itu membaca tidak merugikan kita, malah membaca sangat menguntungkan bagi kita
315 Andi Diva A.R 9D 2 Kita harus rajin membaca, karena membaca itu sangat bermanfaat. Kalau kita sering membaca kita dapat menjadi murid yang lebih pandai, dan guru yang lebih hebat. Tokoh-tokoh besar di sejarah pun sering membaca seperti Isaac Newton, Oprah Winfrey dkk. Mereka sukses karena mereka rajin membaca.Jadi pesan moralnya kita harus rajin dan cinta membaca.
316 anindhita rayna t 9D 3 kita harus mulai membiasakan diri untuk membaca. membaca menambah wawasan. dengan membaca kita bisa mendapat ilmu baru. dengan membaca kita bisa mendapat kosakata baru. maka kita harus sering membaca
317 Belle Juliete A 9D 4 Kita harus sering membaca. Karena membaca membuat kita pintar. Membuat kita hebat. Untuk menjadi pemimpin kita juga harus suka membaca. Untuk jadi bangsa maju kita pun harus suka membaca.
318 Davina Zharfa Malfaliya 9D 6 Kita harus rajin membaca. Karena murid yang pandai pasti rajin membaca. Pemimipin besar pun membaca. Seperti Ki Hajar Dewantara dan Bung Hatta. Mari kita ke pustaka.
319 Fauzan Mohamad Abdul Ghani 9D 9 Dengan membaca kita dapat mendapat ilmu. Dengan membaca kita juga dapat menjadi bangsa yang hebat. Membaca dapat menjadikan kita sebagai bangsa yang maju. Membaca dapat menjadikan kita pemimpin besar. Membaca dapat menjadikan kita bangsa yang bermoral
320 Gifa Yulia Kahwannisa 9D 10 Segala sesuatu berawal dari membaca. Mulai dari generasi muda sampai generasi tua pasti bisa berhasil jika diawali dengan membaca. Seorang pemimpin, murid, guru, dan bangsa yang baik akan belajar dari apa yang pernah ia baca. Sumber ilmu pengetahuan yang utama dimulai dari buku yang kita baca. Membaca sangat banyak sekali manfaatnya, maka dari itu kenapa tidak membaca?
321 Kaisar Al Kahfi Ardhiansyah 9D 12 Ayo membaca. Bangsa yang maju rajin membaca. Ayo ke perpustakaan. Mari membaca. Kita semua hebat.
322 Kentaro Zufar G 9D 14 Dari membaca buku kita dapat menjadi orang hebat. Seperti murid yang suka membaca buku adalah murid yang pandai. Pemimpin besar yang hebat juga pasti membaca. Bangsa yang membaca bisa menjadi bangsa yang maju. Dengan membaca kita akan mendapatkan lebih banyak ilmu dan pengetahuan.
323 Khoirunisa Septiani 9D 15 Membaca adalah hal yang penting. Dengan membaca kita dapat menambah ilmu dan wawasan. Walaupun jaman sekarang ada buku elektronik. Tidak ada salahnya juga pergi ke perpustakaan. Membaca banyak buku fisik itu lebih bagus.

Tapi bukan berarti melarang membaca buku elektronik. Itu juga sama saja membaca. Tapi membaca buku fisik lebih bagus. Saat ini banyak orang yang tidak terlalu suka membaca buku. Perlu diingat buku adalah jendela dunia.

324 Marellia M.S 9D 16 Kita harus membiasakan untuk sering membaca. Membaca akan memperluas wawasan kita. Jika kegiatan literasi di Indonesia masih minim maka Indonesia tidak akan maju. Orang-orang yang hebat bisa maju karena mereka senang membaca sehingga wawasan mereka luas. Oleh karena itu, marilah kita membaca demi bangsa dan diri sendiri.
325 Muhammad Faathir Fathurrahman 9D 17 Bahwa dengan membaca buku kita akan mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan baru. Namun masih banyak orang yang sering meremehkan tentang manfaat tersebut. Membaca buku pun dapat membantu seseorang untuk lebih sukses. Dengan bukti banyaknya pemimpin di dunia ini yang suka membaca buku. Jadi anak muda sekarang harus rajin membaca buku minimal 15 menit perhari karena dapat membantu sukses di masa depan.
326 Muhammad Reinaldi Rasyad 9D 18 Pesan moral:
Orang yang suka membaca adalah orang yang intelektual. Murid yang pintar adalah murid yang rajin membaca dan memahami hal baru. Guru yang hebat adalah guru yang suka membaca. Orang yang suka membaca masa depannya cerah. Ia akan sukses dan tidak akan melakukan kejahatan.

Orang yang suka membaca mempunyai jiwa kepemimpinan. Jika mau Indonesia menjadi negara maju, warga nya harus rajin membaca. Jika kita ingin memiliki masa depan yang cerah, ayo kita membaca.

327 Nabila Ramadhani Syahputri 9D 19 pada video diatas ditampilkan lagu yang berpesan agar kita gemar membaca. ajakan ini untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. hal itu bertujuan untuk meningkatkan budaya membaca pada bangsa Indonesia. membaca penting untuk memajukan bangsa kita karena membaca dapat menambah pengetahuan dan ilmu kita. dapat kita contoh dari tokoh-tokoh yang sukses karena membaca.
328 Najlaa Ariibah 9D 20 Kita semua harus rajin membaca, buku adalah jendela dunia. Tokoh-tokoh besar seperti Bung Hatta juga gemar membaca. Kita harus gemar membaca agar sukses. Kita harus gemar membaca agar dapat membntu orang orang dan juga membuat ilmu kita bertambah. Selain murid guru juga harus gemar membaca.
329 Najma Dhiyaa Permana 9D 21 Pesan moral nya yaitu, dalam hidup untuk membuka jendela ilmu yang baru kita hanya perlu satu hal terpenting yaitu rajin membaca. Dengan membaca seluruh ilmu yang kita inginkan dapat ditemukan dan menjadi jalan menuju kesuksesan. Membaca harus dibiasakan dalam setiap kalangan. Membaca lah yang akan membawa kita dalam kesuksesan dan menjadi pandai. Maka, kita ahrus sering membaca dan menelaah isi buku. Mari kita membaca, agar bangsa Indonesia jaya dan pandai. Jangan malas membaca karena membaca adalah salah satu hal yang harus kita lakukan.
330 Nashwa Kamila 9D 22 Untuk generasi milineal seperti kita sangat diwajib kan untuk sering membaca. Pahlawan kita saja hidup nya sejahtera karna membaca. Memabaca sangat banyak fungsi nya untuk kita dan kunci dari sukses itu juga salah satu nya membaca. Banyaklah membaca agar kita sukses
331 Nayaratra Wilendra 9D 23 Literasi itu penting bagi semua orang. Anak yang gemar membaca akan menjadi cerdas. Guru yang gemar membaca akan menjadi guru yang baik untuk murid. Orangtua yang gemar membaca akan mendidik anaknya dengan baik. Oleh karena itu terciptalah bangsa yang maju
332 Nayla Adisya R 9D 24 kita harus rajin ke perpustakaan untuk membaca. semua orang akan hebat jika rajin membaca. guru yang hebat adalah guru yang senang membaca. murid yang hebat adalah murid yang senang membaca. agar pintar kita sebagai murid harus rajin membaca buku untuk mendapat ilmu.

bangsa kita pun akan hebat jika kita semua rajin membaca. bahkan pemimpin-pemimpin besar pun rajin membaca sehingga dia menjadi orang yang hebat, pintar dan kuat. oleh karena itu, kita harus mencari ilmu sebanyak mungkin, terlebih kita harus rajin-rajin mencari buku untuk dibaca dan diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. buku yang baik akan sangat berpengaruh kepada kita. jadi, ayo semangat membaca!

333 Nazwa Alliyah Azzahra 9D 25 Kita harus membiasakan diri untuk membaca. Agar kelak bisa menjadi orang yang sukses. Guru yang hebat senang membaca. Murid yang pandai suka membaca. Jadi, marilah kita membaca agar bangsa kita tetap maju.
334 Prabowo Kuncoroningrat 9D 26 Apabila orang orang sering atau suka membaca pengetahuannya akan bertambah. Apalagi murid murid seperti kita yang perjalanannya masih panjang dan memiliki daya ingat masih bagus. Tetapi tidak hanya murid sekolah saja yang harus membaca guru juga perlu apalagi pemimpin negara yang membutuhkan pemikiran yang luas dan terbuka. Membaca tidak harus kalangan muda saja lansia juga perlu membaca untuk mengisi waktu luang agar tidak menjadi pikun. Maka dari itu apabila sering membaca akan melahirkan bangsa yang cerdas
335 Raditya Rafi Putra Prakasa 9D 27 Pesan moral yang bisa saya dapatkan dari tayangan tersebut adalah,bahwa kita semua harus rajin membaca.Karena untuk menjadi guru yang hebat harus senang membaca.Juga jika kalian ingin menjadi seorang murid yang pandai maka kita harus selalu membaca.Danjuga bagi para pemimpin pemimpin besar,mereka patinya selalu membaca.Oleh karena itu bangsa yang maju merupakan bangsa yang membaca.Sehingga Jika menjadi seseorang yang sukses maka kita harus selalu memca dan ke perpustakaan
336 Ryotaro Dzulfikar Gunanegara 9D 28 Semua orang pandai dan maju pasti membaca buku. Murid yang pandai pasti membaca buku. Guru yang hebat membaca buku. Pemimpin besar selalu membaca buku. Buku merupakan sumber informasi dan sumber mendapatkan ilmu.
337 Sindy Rakamanda 9D 30 ayo kita membaca karena semua orang hebat pasti membaca
338 Tramaditiya Prayata R 9D 31 membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dari sekian ribu kata-kata yang terdapat di buku kita baca bisa jadi panduan ilmu. Kita bisa menambah ilmu pengetahuan kita dengan lebih luas dengan membaca. Dengan ilmu itu, kita bisa kembangkan untuk masa depan supaya sukses. Jika kita semua suka membaca, kita bisa menjadi bangsa yang maju.
339 Karina Marsyanda Gunawan 9E 17 pesan moral yang ada di video tersebut adalah, menngajak orang orang membaca bersama. dan membuat orang orang yang tidak suka membaca majadi suka membaca. mereka juga menjadi semangat karna diberi hiburan oleh orang orang yang ada di sekitar mereka.
340 kayla naraya alexandra 9E 19 pesan moral yang ada di video tersebut adalah, menngajak orang orang membaca bersama. dan membuat orang orang yang tidak suka membaca majadi suka membaca. mereka juga menjadi semangat karna diberi hiburan oleh orang orang sekitar
341 Al Hijri Tristan Ruzain 9F 1 Membaca itu sangat penting. Ini penting bagi semua orang untuk membaca, karna membaca itu penting bagi masa depan kita. Membaca juga boleh dilakukan di semua umur. Jadi membaca itu penting untuk kita. Marilah membaca supaya asik.
342 Aldrien Sayyid Aimannur 9F 2 ayo kita membaca. ayo membaca. ayo rajin membaca. harus rajin membaca . ayo gemar membaca
343 Alleta Agivia 9F 3 kita harus suka membaca. Dengan gemar membaca bangsa akan maju. Murid yang pandai juga pasti suka membaca. Begitu pula dengan pemimpin besar yang gemar membaca. Marilah kita ke pustaka untuk membaca.
344 Astrid Maharani S 9F 6 Pesan moralnya adalah membaca memiliki banyak kelebihan. Membaca tidak ada batas umurnya. Yang berarti dari yang muda sampai ke tua bisa membaca. Karena membaca adalah jembatan ilmu. Jadi tidak akan sia sia dengan membaca buku
345 delvina helsinky 9F 8 Kalau kita rajin membaca buku pengetahuan kita akan bertambah. Agar menjadi orang yang sukses rajinlah membaca buku.
346 Erinna ismah Puspanagari 9F 10 Membaca adalah salah satu hal penting.Membaca merupakan sumber ilmu.Membaca bisa menanamkan kecintaan orang pada belajar.Membaca dapat memajukan bangsa karena dengan bertambahnya ilmu.Maka dengan itu membaca adalah kunci dari ilmu.
347 Eureka rbee maulana 9F 11 Membaca dapat membuat sebuah bangsa maju dan berkembang.Hal itu disebabkan karena bangsa bangsa dapat membuat keputusan yang lebih baik.Guru yang membaca itu hebat karena setiap harinya dapat menyampaikan hal hal baru yang dibacanya kepada siswa siswinya.Membaca juga dapat membuat kita bisa berkumpul bersama keluarga dan menyampaikan apa yang kita baca.Menbaca juga dapat memberi kita ilmu pengetahuan baru tentang hal hal baru.
348 Fairuz Dwinaufal Rasyid 9F 12 Dengan membaca kita bisa menjadi sukses. Membaca merupakan jalan menuju kesuksesan. Walaupun membaca membosankan tetapi saya sangat yakin membaca dapat membuahkan hasil yang memuaskan. Dengan membaca kita menjadi lebih kreatif. Marilah membaca
349 Fawwaz nisa azzahra 9F 13 lagu ini berisi tentang pentingnya membaca.Bahwa membaca adalah gudang ilmu.Pentingnya belajar sopan santun,tatakrama,rendah hati,dan semangat hidup.Belajar akan membuat kita menjadi orang yang terpelajar.Orang yang terpelajar tentu akan beda dengan orang yang tidak terpelajar
350 galang aghna jalu kusuma 9F 14 mengajak untuk anak anak sekarang untuk lebih sering membaca buku
351 Garvan Dwiyasykur Prasetya 9F 15 Mengajak anak anak untuk membaca
buku.harus semangat di pagi hari.mengajak
kebaikan di mana pun.membantu orang
lain.guru yang bikin semangat kita di pagi
352 Magia Calluella Chaszta Az-Zurra 9F 18 Pesan moral yang saya dapatkan dari tayangan tersebut adalah kita harus rajin membaca. Dengan rajin membaca, itu akan memudahkan kita di urusan lainnya. Sebetulnya, membaca tidak harus di perpustakaan saja bisa juga di hp atau media lainnya. Kita harus rajin membaca. Intinya adalah membaca itu bukan hal yang membosankan melainkan menyenangkan.
353 Mochamad Rafi Afiaputra 9F 20 Jika ingin sukses kita harus rajin membaca. Karena membaca adalah jalan kesuksesan, dengan membaca kita akan mendapatkan ilmu yang banyak. Orang yang suka membaca ilmunya banyak. Banyak orang sukses yang rajin membaca.
354 M.alvito andhika 9F 21 dengan membaca kita akan mengetahui banyaak hal
355 Nadira Qinthara 9F 25 Dengan kita rajin membaca kita akan mendapatkan kunci sukses
356 Orlin Ayra Tabina 9F 28 Pesan moral yang saya dapat setelah menonton video diatas adalah bahwa kita ini harus rajin membaca. Tidak hanya rajin saja tetapi harus juga disukai. Karena dengan kita menyukai membaca, maka ilmu kita akan semakin bertambah. Wawasan kita tentang pengetahuan menjadi lebih luas. Membaca adalah salah sagu kunci untuk meraih kesuksesan.
357 Rafinsyah Reyhan Razzaqa 9F 30 Membaca adalah kunci dari kemajuan. Murid-murid, pelajar, maupun guru harus rajin membaca demi kemajuan. Dengan membaca, kita dapat meningkatkan ilmu pengetahuan, kecepatan membaca dan hal positif lainnya. Jangan bermalas malas membaca. Walau pun hanya satu halaman mungkin itu sangat berarti
358 Isnatika Trias Guru Semangat dalam membaca. Membantu sesama, bekerjasama, dan disiplin. Insya Allah kita akan maju dan bahagia. Krn salah satu kunci bahagia ada membahagiakan org lain. Tulisan ini utk diri sy sendiri yg masih sering lupa. Terima kasih.
359 Bambang Purwanto Guru Kebiaasaan membaca akan membawa kesuksesan hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *